Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengunggah Konten Atau Membalas Komentar

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengunggah Konten Atau Membalas Komentar

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengunggah Konten Atau Membalas Komentar

Saat ini media sosial merupakan hal yang sudah biasa dan menghiasi kehidupan sehari-hari. Bahkan saat ini satu orang memiliki lebih dari akun media sosial yang berbeda. Bukan hanya sekadar memiliki saja, namun sudah banyak orang yang aktif dan menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial. umumnya kegiatan yang dilakukan di media sosial antara lain mengunggah foto atau video, berkomunikasi dengan orang lain melalui Direct Message, membalas komentar, mencari akun orang lain, atau hanya sekadar mencari hiburan.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengunggah Konten Atau Membalas Komentar

Kegiatan tersebut terkadang memberikan sensasi tersendiri bagi kita. Memang ada banyak manfaat yang diperoleh dari media sosial. Selain menjadi media komunikasi yang praktis, media sosial juga menjadi media pemasaran yang tepat bagi mereka pelaku bisnis. Akan tetapi, setiap hal bukan hanya memberikan dampak baik saja. Ada pula dampak negatif dari media sosial jika tidak digunakan secara bijak. Sebut saja, beredarnya berita HOAX dan konten yang mengandung unsur SARA hingga konten atau pidato kebencian yang tersebar.

Untuk itu, sebagai pengguna kita perlu berhati-hati dan menggunakan media sosial secara bijak. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda hendak mengunggah foto atau video di media sosial serta membalas komentar orang lain. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Jangan mengunggah atau menulis komentar dalam kondisi emosi

Sebenarnya boleh-boleh saja anda mengunggah apapun di media sosial, entah dalam kondisi senang, sedih, atau kecewa. Namun yang perlu anda ingat, saat anda marah janganlah mengunggah sesuatu saat kondisi marah. Hal ini karena saat anda merasa marah, tentu sulit untuk mengontrol diri sendiri. Sehingga bisa saja isi konten anda justru akan membuat orang lain tersakiti. Mungkin anda tak bermaksud untuk melukai perasaannya. Akan tetapi terkadang ada beberapa pihak yang tanpa disadari tersinggung oleh komentar atau konten yang anda buat.

2.      Jangan mengunggah konten atau menulis komentar jika anda tidak mengetahuinya

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah jangan mengunggah sesuatu atau mengomentari konten orang lain, jika anda tidak tahu apa-apa tentang hal tersebut. Misalnya, topik politik menjadi hal yang sering dibicarakan oleh orang-orang. Sehingga, untuk mengikuti tren, anda turut membahas topik politik tersebut, padahal anda tidak tahu benar. Saat ada seseorang yang  mempertanyakan hal tersebut, anda akan kebingungan untuk menjawabnya. Atau bisa saja, ada beberapa pihak yang terpengaruh atas unggahan anda. Untuk itu, pastikan anda memahami sesuatu sebelum memutuskan untuk megunggah atau membalas komentar di media sosial.

3.      Pastikan unggahan dan komentar anda bermanfaat

Media sosial tentu menjangkau banyak orang dari berbagai daerah. Untuk itu, sebaiknya anda menggunakan media sosial untuk menebarkan sesuatu yang bermanfaat. Anda bisa membuat sesuatu dari hal yang disukai seperti menggambar, menulis puisi, membuat video lucu dan lain sebagainya. Pastikan konten yang diunggah mengandung manfaat baik bagi orang lain. Begitupun saat menulis komentar perhatikan kata-kata yang digunakan. Pastikan anda memilih kata yang baik agar tak menyinggung perasaan orang lain.

4.      Jangan mengunggah sesuatu atau menulis komentar yang menyinggung orang lain

Karena media sosial diaksesoleh banyak orang, maka anda harus bisa memposisikan diri menjadi dua tempat. Yakni seorang pembuat konten dan audiens.  Sebelum mengunggah atau mengomentari sesuatu cobalah bayangkan jika diri anda berada di posisi audiens. Pastikan apa yang anda buat tidak menyakiti mereka.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *