Tips Sukses Membuat Giveaway Di Instagram

Tips Sukses Membuat Giveaway Di Instagram

Tips Sukses Membuat Giveaway Di Instagram

Apakah anda pernah melihat, mengikuti atau bahkan membuat giveaway sendiri di Instagram? Ternyata bagi kalangan pebisnis melakukan giveaway merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pengikut. Namun beberapa orang melakukan giveaway karena sekadar ingin mengapresiasi para audiensnya. Sebenarnya membuat giveaway memiliki dampak baik dan buruk.

Tips Sukses Membuat Giveaway Di Instagram

Pertama, Anda perlu tahu saat mengadakan giveaway di Instagram, anda harus siap jika nanti ada kenaikan serta penurunan jumlah pengikut setelah giveaway berakhir. Hal ini karena ada sekian banyak orang yang hanya mengikuti akun-akun yang mengadakan giveaway, agar mereka segera memperoleh hadiahnya. Setelah periode giveaway itu berakhir, bisa saja mereka langung berhenti mengikuti anda. Kondisi tersebut sering dikenal dengan giveaway hunter.

Tapi hal itu berbeda, jika mereka merasa akun anda bermanfaat. Sehingga mereka akan terus mengikuti anda, meskipun periode giveaway telah berakhir.

Umumnya mengunggah konten yang berisikan informasi giveaway dapat meraih jumlah like dan comment yang banyak. Selain itu, akun-akun yang sering memberikan giveaway umumnya mengalami pertumbuhan pengikut yang lebih pesat dibanding akun yang tak melakukan giveaway.

Meskipun demikian, ternyata membuat giveaway tentu tak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar giveaway tersebut  sukses dan banyak diikuti oleh audiens. Untuk lebih jelasnya simak tips berikut ini:

1.      Sediakan hadiah yang menarik dan dibutuhkan bagi audiens

Salah satu faktor yang membuat giveaway diikuti banyak orang adalah hadiah yang menarik dan mereka butuhkan. Sebaiknya hadiah yang akan anda berikan berupa benda yang bermanfaat seperti tas, baju, voucher kuota, kosmetik dan lain sebagainya. Usahakan barang yang anda berikan adalah produk dari brand anda. Hadiah giveaway tak perlu mahal atau banyak, sediakan beberapa picis barang saja. Sehingga membuat para audiens saling berkompetisi untuk memperoleh hadiah tersebut.

2.      Berikan aturannya secara singkat, padat dan jelas

Jika anda menyediakan hadiah yang bernilai besar, tentu anda ingin para peserta giveaway mengeluarkan effort lebih untuk memenangkannya. Akan tetapi, jika hadiah yang anda berikan justru tidak terlalu tinggi, maka sebaiknya jangan membuat peraturan yang sulit bagi para peserta.

Umumnya untuk mengikuti giveaway peserta akan diminta untuk melakukan beberapa tindakan, yang paling aman berupa, follow akun, like, comment dan menandai beberapa temannya.

3.      Tentukan bagaimana cara mereka berpartisipasi

Ada beberapa tipe konten instagram dan cara berpartisipasi, namun yang paling umum dilakukan adalah:

  • Like to win: peserta giveaway harus like setiap unggahan
  • Comment to win: peserta giveaway harus mengomentari unggahan di instagram untuk berpartisipasi
  • Tag to win: peserta harus menandai beberapa temannya di unggahan Instagram untuk berpartisipasi
  • Photo Challenge: peserta harus mengunggah foto mereka dengan menyertakan hastag tertentu
  • Repost to Win: peserta harus mengunggah ulang foto giveaway di akun instagram pribadinya dengan hastag tertentu

4.      Ingat, jangan membuat giveaway dengan peraturan yang terlalu sulit untuk peserta

Anda cukup memberikan poin-poin wajib yang harus dilakukan oleh para peserta untuk mengikuti giveaway tersebut. Jangan terlalu berbelit-belit dan panjang. Peraturan yang terlalu panjang dan sulit dipahami justru membuat para audiens enggan mengikuti giveaway tersebut.

5.      Promosikan giveaway

Jika akun instagram anda tak memiliki jumlah pengikut yang banyak. Maka sebaiknya anda mempromosikan giveaway dengan lintas platform agar semakin banyak orang yang mengetahuinya. Atau anda bisa meminta bantuan influencer untuk memberitahu audiensnya tentang informasi giveaway yang anda adakan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *