Pentingnya Menjaga Sopan Santun Di Media Sosial

Tips Membuat Desain Grafis Yang Bisa Anda Coba

Tips Membuat Desain Grafis Yang Bisa Anda Coba

Apakah anda saat ini tengah belajar desain grafis? Atau justru sudah menguasai keterampilan di bidang tersebut? Desain grafis sangatlah dibutuhkan saat ini, selain untuk membantu untuk mempromosikan sebuah brand, dengan desain grafis anda bisa membuat tampilan media sosial lebih menarik dan menojol. Bahkan tampilan yang menarik di media sosial menjadi salah satu strategi marketing digital. Apalagi saat ini interaksi melalui media sosial sangatlah penting, sehingga wajib bagi pebisnis untuk mempercantik tampilan media sosial mereka dengan desain grafis.

Pentingnya Menjaga Sopan Santun Di Media Sosial

sumber : Freepik

 

Umumnya orang-orang menggunakan jasa desainer grafis untuk membuat tampilan desain tertentu. Namun tak sedikit pula yang memilih untuk belajar desain grafis, dan membuatnya sendiri.

Ternyata ada beberapa aturan mendasar yang akan membantu anda untuk membuat desain yang terlihat profesional. Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak tips berikut ini:

1.      Gunakan kontras untuk membuat media sosial tampak lebih menonjol

Desain yang baik tentu akan terlihat menonjol dibandingkan desain-desain yang lain. Nah, salah satu cara sederhana yang bisa anda coba agar tampilan desain lebih menonjol adalah dengan menggunakan warna kontras. Usahakan anda memilih warna kontras yang baik, jika anda memilih latar belakang warna terang, maka anda sebaiknya menggunakan warna gelap untuk font. Sedangkan saat anda menggunakan warna belakang gelap, maka gunakan warna terang untuk fontnya.

2.      Pilihlah font palette

Mungkin selama ini anda selalu menggunakan font yang standar, namun cobalah mengubah hal itu sekarang. Sebaiknya anda menggunakan font palette yang konsisten, hal ini merupakan cara fantastis untuk memastikan konsistensi dan membangun keakraban dengan para audiens anda. Cobalah untuk memilih font yang unik pada bagian judul, huruf subtitle serta font untuk bagian isi atau badan teks. Anda bisa menggunakan font yang bersifat tebal pada bagian judul, agar bisa menonjolkan konten anda. Sedangkan, font sederhana pada bagian subtitle dan badan teks.

3.      Pilih skema warna

Setelah anda memahami aturan di atas, langkah selanjutnya adalah memilih skema warna yang pas untuk diaplikasikan pada desain anda. usahakan anda memilih warna yang sesuai dengan kepribadian brand, produk atau hal lain yang diangkat dalam desain tersebut. Anda bisa memulainya dengan 3 warna utama dan mulailah untuk mengembangkan. Ingat, sebaiknya anda menggunakan warna-warna tersebut secara konsisten.

4.      Usahakan selalu memakai frame

Gambar merupakan bagian penting dari desain grafis. Agar gambar yang akan anda unggah tampak profesional, sebenarnya cara yang digunakan cukup sederhana, kuncinya adalah anda bisa menggunakan grid atau frame pada desain tersebut. Menambahkan grid atau frame pada gambar ternyata akan membuat tampilannya lebih bagus dalam waktu singkat. Sehingga inilah trik sederhana yang bisa membuat hasil desain anda tampak profesional. Saat ini ada banyak pilihan grid yang bisa diterapkan pada desain anda.

5.      Tetap sederhana

Terkadang beberapa orang menyukai desain yang ramai dan penuh. Akan tetapi, terkadang unsur kesederhanaan justru memberikan kesan tersendiri. Hal ini pun juga berlaku pada bidang desain grafis. Desain sederhana ternyata bisa dinikmati semua kalangan. Bukan hanya kalangan desainer grafis saja, masyarakat umum pun akan lebih mudah mengerti pesan apa yang tersimpan dalam desain tersebut. Jadi, tak ada salahnya jika anda menerapkan konsep minimalis pada desain yang hendak dibuat. Kesederhanaan ternyata mengurangi jumlah kekacauan, hal ini akan memberikan kesan positif pada siapapun yang melihatnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *