Tips Blogging Bagi Para Pemula

Tips Blogging Bagi Para Pemula

Tips Blogging Bagi Para Pemula

Siapa yang terbiasa dengan kegiatan menulis? Jika ada diantara kalian yang menyukai kegiatan tersebut, tentu tidak asing dengan istilah blogging. Blogging merupakan aktivitas menulis yang menggunakan media online seperti website. Sebenarnya tak ada yang salah atau benar untuk blogging. Blogging dianggap menyenangkan karena apa yang dibahas cenderung tidak serius. Selain itu, anda bisa mengedit kembali hasil tulisan yang telah diunggah sebelumnya.

Tips Blogging Bagi Para Pemula

Sumber : Freepik.com

Blog bisa menjadi media untuk menyalurkan ide dan pemikiran anda. namun, anda juga memanfaatkan blog untuk berbagi perjalanan dan pelajaran hidup dengan orang lain. beberapa orang merasa bingung bagaimana memulai aktivitas blogging, bahkan diantaranya sempat menyerah di tengah jalan.  Untuk itu, bagi anda yang baru memulai aktivitas blog anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

1.      Tulislah apa yang anda sukai

Coba pikirkan, kira-kira apa isi blog anda? Apakah perjalanan? Makanan dan cara memasaak? Kerajinan tangan? Atau cara mengasuh anak? apapun yang anda pilih pastikan hal itu merupakan hal yang disukai. Memelihara blog tentu membutuh kerja keras. Untuk itu, jangan memulai menulis sesuatu tentang hal yang tidak anda sukai. Ingat, blog adalah tentang ide yang sesuai dengan diri anda. Jadi coba pikirkan, dimana letak passion anda. Selain itu, sebaiknya anda menghindari jebakan give away sebagai usaha untuk memperoleh pembaca. Saat ini ada banyak blogger bagus yang menurunkan kualitas kontennya karena terobsesi mengadakan give away. Sebenarnya tidak masalah jika memang anda berniat membagikan hadiah kepada audiens. Namun ini bukan cara utama agar membuat audiens mengunjungi blog anda.

2.      Jadilah yang berbeda dari orang lain

Apapun topik yang anda bahas, mungkin ada blogger lain yang membahas hal yang serupa. Namun, yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana terlihat berbeda dari yang lain. Coba pikirkan lagi, apakah ada ide konten yang belum pernah dilakukan oleh blogger lainnya. Atau anda bisa melihat blog yang memiliki pembahasan yang sama, kemudian ubahlah sedikit sehingga lahir ide baru yang identik dengan diri anda.

3.      Menulis seperti anda sedang berbicara

Saat seseorang membaca tulisan anda, maka akan terpancar kepribadian penulisnya melalui susunan kata tersebut. Pembaca merasa seperti mengobrol langsung dengan si penulisnya, bahkan berbagi pemikiran. Konten yang seperti ini cenderung lebih menarik dan mudah dipahami. Agar kepribadian anda terpancar dari tulisan, maka tulislah sesuatu seakan-akan anda membangun koneksi dengan pembaca.

Buat blog anda tampak casual, tulisan ini cenderung disukai banyak orang. Namun bukan berarti anda bisa menggunakan kata-kata yang tida layak, cukup jadi diri sendiri dengan cara yang baik. Selain itu pelajari juga tentang perbedaan arti kata agar mempermudah anda dalam menulis blog nanti.

4.      Konten yang bagus adalah kuncinya

Tulislah konten yang anda sendiri ingin membacanya, ingat anda tak bisa membuat semua orang senang dengan tulisan anda. Namun anda bisa melakukan berbagai upaya agar menjadi lebih kreatif. Anda bisa membuat konten tentang permainan yang baik untuk anak-anak. pastikan blog anda menonjolkan konten-konten yang bagus, kreatif, membantu serta menginspirasi orang lain.

Semoga dengan informasi di atas, bisa memudahkan anda untuk membuat blog yang sesuai dengan keinginan. Anda bisa memulainya dari apa yang anda sukai, pastikan selama anda menulis blog, anda menikmati prosesnya. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *