Tahukah Anda Perbedaan Antara Copyright, Trademark, Dan Patent

Tahukah Anda Perbedaan Antara Copyright, Trademark, Dan Patent

Tahukah Anda Perbedaan Antara Copyright, Trademark, Dan Patent

Bagi beberapa orang mungkin tidak asing dengan istilah “Copyright” namun banyak diantara mereka belum paham arti copyright itu sendiri. Padahal Copyright merupakan hal yang penting dalam dunia bisnis, yang dapat membuat bisnis anda berjalan lancar dan mempoleh keuntungan yang besar. Memahami Copyright juga akan membantu anda agar tidak terjerat hukum, selain istilah tersebut. Ada istilah lain yang tidak kalah penting yakni : trademark dan patent.

Sebenarnya, ketiga hal tersebut memiliki kelebihan dan keuntungan bagi bisnis, yakni memberikan identitas pada bisnis anda. Akan tetapi banyak orang yang tidak tahu apa perbedaan ketiganya. Untuk lebih jelasnya simak perbedaan antara Copyright, Trandemark, dan Patent.

Tahukah Anda Perbedaan Antara Copyright, Trademark, Dan Patent

Sumber : Freepik.com

Apa itu Copyright?

Secara garis besar istilah Copyright merupakan hak cipta. Hak cipta ini sering digunakan untuk melindungi barang yang dibuat oleh produsen dari penjiplakan produsen lain sampai masalah-masalah lain yang berkaitan dengan produk tersebut. Dalam dunia bisnis sendiri, Copyright sangat berguna bagi pelaku bisnis dengan produk teknologi baik dalam bentuk software maupun hardware, misalnya saja Microsoft.

Adanya copyright membuat pihak produsen dapat melindungi penuh produk yang telah diciptakan. Sehingga tak ada pihak lain yang akan menjiplak dan memakai desain yang sama persis dengan produk anda. Jika saja ada pihak yang mengikuti produk anda yang telah memiliki copyright maka mereka akan berhadapan dengan hukum. Bukan hanya itu, copyright juga bisa membuat penciptanya memperoleh royalty dari pihak yang mungkin mendapatkan keuntungan dari produk yang sudah dikenakan hak cipta.

Dari penjelasan tersebut maka sudah jelas jika copyright sangat bermanfaat bagi para pencipta produk selain produk yang dibuat dilindungi penuh, mereka juga bisa memperolah royalty. Namun, yang perlu anda ingat, jika copyright memiliki masa berlakunya, sehingga anda perlu memperpanjang jika ingin tetap mengakui produk tersebut.

Apa itu Trademark?

Setelah membahas tentang copyright, maka anda perlu memahami tentang trademark. Trademark sendiri secara sederhana bisa diartikan sebagai merek dagang. Dengan merek dagang ini, maka setiap perusahaan memiliki identitasnya sendiri-sendiri atas produk yang dimiliki. Misalnya Microsoft dan Apple, ataupun Facebook dan Google. Kedua-duanya merupakan perusahaan besar dunia yang berbasis teknologi. Namun sudah terlihat jelas mereka memiliki trademarknya masing-masing.

Akan tetapi, agar bisa dilindungi secara hukum, perusahaan-perusahaan tersebut harus mendaftarkan merek dagangnya. Sehingga, tidak ada pihak yang bisa memakai nama yang sama dengan nama merek mereka. Sama seperti copyright, trademark memiliki jangka waktu sehingga pemiliki perusahaan harus memperbaruinya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Apa itu patent?

Jika copyright merupakan hak cipta, dan trademark adalah merek dagang, maka patent adalah pemberian hak kepada pencipta atau biasanya dikenal dengan investor dalam dunia teknologi. Saat seseorang atau investor berhasil menciptakan sesuatu yang bagus untuk masyarakat di bidang teknologi, maka dia akan memperoleh paten atas apa yang diciptakannya.

Ada beberapa kelebihan yang diperoleh dari investor. Salah satunya adalah mereka dapat memutuskan kepada siapa invensinya diserahkan. Dengan begitu, seorang investor sudah melakukan apa yang telah menjadi salah satu haknya. Pihak yang diberikan invensi itu juga mendapatkan hak-hak atas apa yang telah mereka terima dari investor.

Bagaimana, sudah mulai memahami perbedaan antara trademark, copyright, dan patent. Ingat, anda tak boleh bermain-main dengan ketiga hal tersebut, karena semuanya berkaitan dengan hukum yang berlaku di negara.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *