Sukses Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial

Sukses Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial

Sukses Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial

Saat ini banyak sekali media sosial yang bermunculan, media sosial memang sering digunakan orang-orang untuk membagikan aktivitas mereka sehari-hari melalui foto, video maupun tulisan. Selain itu, media sosial seringkali dimanfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa oleh berbagai pelaku bisnis. Hal ini karena pemasaran melalui media sosial cenderung lebih praktis, segmented, dan murah.

Sukses Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial

Selain digunakan untuk bisnis, media sosial juga bisa digunakan untuk membangun personal branding seseorang. Personal branding sendiri merupakan sebuah cara memasarkan diri atau citra seseorang secara individu. Personal branding seringkali dikaitkan dengan tokoh publik, padahal masyarakat umum juga bisa membangun personal brandingnya sendiri.

Jika anda berminat untuk membangun personal branding namun masih bingung bagaimana caranya. Yuk, simak beberapa tips berikut ini.

1.      Tulislah siapa anda dengan jelas dan menarik di media sosial

Jika ana berniat untuk membangun personal branding di media sosial, maka hal pertama yang harus dilakukan yakni kenali diri anda lebih jauh lagi. Setelah itu, Anda bisa mendeskripsikannya dengan cara yang menarik di media sosial. Misalnya profil Facebook, bio Twitter ataupun Instagram hingga LinkedIn dan berbagai media sosial lainnya yang anda miliki.

Tulislah hal-hal menarik yang anda miliki di media sosial. Hal ini akan membantu audiens untuk mengetahui hal-hal apa saja yang anda minati atau sukai. Jika anda memiliki akun LinkedIn sebaiknya cantumkan keahlian dan kemampuan yang dimiliki.

2.      Gunakan Media sosial sebagai tempat untuk memperluas jaringan anda

Jika anda bersungguh-sungguh untuk mengembangkan karier dan memanfaatkan media sosial untuk personal branding. Maka jangan sampai anda gunakan untuk mengunggah foto selfie saja. Saat anda menggunakan media sosial tentu anda ingin berinteraksi dengan audiens baik yang sudah dikenal atau orang yang belum. Meskipun dari pengikut anda adalah teman, namun pasti ada beberapa pengikut yang tidak anda kenali.

Untuk itu manfaatkan media sosial untuk berkolaborasi dalam menciptakan karya, diskusi, menemukan teman, rekan bisnis, hingga membangun komunitas bersama. Jaringan pertemanan yang luas akan membantu anda baik dari segi pekerjaan atau bisnis nantinya.

3.      Buatlah konten yang bermanfaat dan berkualitas

Saat anda memiliki media sosial, cobalah untuk membuat konten yang layak untuk dibaca, ditonton, dinikmati, menarik dan tidak mengandung hal-hal negatif. Konten-konten yang bermanfaat dan berkualitas akan membantu anda untuk dikenal oleh audiens. Ingat, tak ada seseorang yang ingin melihat konten yang tidak penting.

Cobalah menjadi seseorang yang memiliki opini tentang topik tertentu, dan jangan ragu untuk berbagi pengetahuan kepada orang lain. Sebarkan konten yang bermanfaat bagi lingkungan anda, serta konten tersebut bisa disebarkan ulang oleh orang lain.

4.      Gunakan etika yang baik dalam menggunakan media sosial

Seperti saat anda bergaul di dunia nyata, menggunakan media sosial sebagai media komunikasi tentu memerlukan etika yang sama. Usahakan anda bersikap santun setiap menyapa, atau mungkin berdebat dengan orang lain.  Selalu ingat untuk menghormati siapapun yang sedang berkomunikasi dengan anda. Sikap positif inilah yang kemudian membuat para audiens percaya terhadap diri anda.

5.      Manfaatkan media sosial sesuai dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing

Ada banyak jenis media sosial, setiap jenisnya tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya, Twitterr umumnya digunakan untuk membangun identitas anda sebagai seorang yang ramah, humoris, dan humble. Sedangkan, Linkedin umumnya digunakan untuk membangun personal branding yang lebih serius, profesional dan berkompeten.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *