Meningkatkan Engagement Audiens Anda Di Instagram

Simak Waktu Yang Pas Untuk Mengunggah Konten Di Media Sosial

Simak Waktu Yang Pas Untuk Mengunggah Konten Di Media Sosial

Ada banyak tujuan yang ingin dicapai seseorang saat beraktivitas di media sosial, ada yang ingin mendapatkan insight dan berita baru, namun ada pula yang hanya ingin membagikan momen tertentu seperti pernikahan, kelahiran, kelulusan atau sekadar selfie.

Sedangkan pada sisi pebisnis, sosial media sering digunakan utuk memasarkan produk mereka. Banyak kalangan pebisnis yang meraup banyak keuntungna dari media sosial. Tentu untuk memperoleh itu dibutuhkan strategi yang tepat mulai dari pemilihan konten hingga waktu yang tepat untuk mengunggah konten tersebut.

Meningkatkan Engagement Audiens Anda Di Instagram

sumber gambar: Freepik.com

Anda perlu tahu agar memperoleh insight yang tinggi, kita perlu mencari waktu terbaik saat mengunggah konten di media sosial. Waktu terbaik inilah yang akan menarik perhatian para audiens. Untuk lebih jelasnya inilah pemilihan waktu terbaik mengunggah konten di beberapa media sosial antara lain:

1.      Instagram

Pada dasarnya waktu terbaik untuk mengunggah konten tergantung dari siapa target pasar anda, apakah ibu rumah tangga biasa, karyawan, atau yang lain. Namun secara garis besar waktu terbaik mengunggah konten di instagram adalah pukul 11.00 hingga 13.00 siang dan seusai pulang kerja, yakni sekitar 19.00 sampai 21.00 malam.

Hal ini karena saat makan siang umumnya orang-orang akan makan sambil mengecek media sosialnya. Mereka ingin mencari informasi terbaru untuk merehatkan badan.  Sedangkan saat sore hari, orang-orang yang menggunakan transport umum, terjebak kemacetan, atau sudah pulang ke rumah dan merebahkan diri, umumnya akan membuka instagram untuk menyegarkan pikiran. Atau anda juga bisa mengunggah konten pukul 6 pagi, hal ini karena orang zaman sekarang langsung mengecek ponselnya saat terbangun dari tidur.

2.      Facebook

Berbeda dengan instagram, waktu terbaik mengunggah konten di Facebook adalah pukul 13.00 sampai 16.00 sore. Hal ini karena kebanyakan dari mereka menggunakan komputer untuk mengecek Facebook saat jam istirahat. Selain waktu, ternyata ada hari-hari yang paling baik saat mengunggah konten di Facebook, yakni Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Unmetric menyatakan jika jumlah interaksi per konten yang diunggah tertinggi bagi sebuah brand jatuh pada hari Rabu. Meskipun jika dirata-rata brand yang mengunggah konten pda hari itu lebih sedikit. Untuk itu, jika anda ingin memperoleh engagement yang tinggi, tak ada salahnya mengunggah konten di hari Rabu nanti.

3.      Twitter

Berbeda dengan media sosial yang lain, Twitter umumnya diibaratkan seperti buku harian seseorang. Tak sedikit dari penggunanya yang mengeluarkan cuitan lebih dari 2 atau 3 kali dalam 10 menit. Baik itu dalam bentuk menulis tweet, membalas mention, quote tweet, atau sekadar retweet. Sehingga tak heran jika pergerakan Twitter sendiri lebih cepat dibanding media sosial yang lain. Untuk itu, bagi anda yang menggunakan media sosial ini sebagai media promosi sangat penting mengetahui kapan waktu yang tepat mengunggah konten. Waktu yang paling tepat adalah saat jam makan siang dari hari senin hingga jumat, sekitar pukul 12.00 sampai 13.00 siang. Hari-hari kerja umumnya mendapatkan tinggat engagement yang tinggi. Selain itu, waktu sore sekitar pukul 17.00 sampai 18.00 sore juga termasuk waktu terbaik untuk mengunggah sesuatu di Twitter. Umumnya di jam pulang kerja kebanyakan orang akan mengecek media sosialnya, entah itu Twitter, Instagram atau media sosial lainnya.

Semoga dengan informasi di atas akan membantu anda mengembangkan brand melalui media sosial.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *