Pentingnya Sosial Media Management Untuk Branding

Pentingnya Sosial Media Management Untuk Branding

Pentingnya Sosial Media Management Untuk Branding

Social media kini menjadi sebuah kebutuhan yang tampaknya harus dimiliki oleh masyarakat modern. Bagaimana tidak? Media sosial kini menjadi media yang multifungsi, mulai dari media kominakasi dan mendapatkan teman baru, media pemasaran, menunjukkan bakat, hingga membuat kampanye.

Pentingnya Sosial Media Management Untuk Branding

Sumber : Freepik

Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial, apalagi semakin hari fitur yang ditawarkan semakin menarik dan beragam. ­Dulu, orang menggunakan media sosial sebagai alat komikasi saja, tapi saat ini kita bisa mencari berbagai informasi di media sosial seperti Tips & Trik, tutorial, bahkan hingga jasa atau produk. Memang dengan fitur yang semakin canggih kini sosial media bisa merangkap sebagai marketplace, dimana tersedia katalog yang mempermudah kita mencari barang atau layanan jasa yang sedang dibutuhkan.

Karena manfaatnya yang semakin nyata kini, banyak orang yang memanfaatkan media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter, bahkan TikTok untuk mempromosikan barang atau jasa kepada calon konsumen. Bukan hanya media untuk promosi saja, media sosial juga sangat cocok untuk membangun brand awareness usaha kita. Baik industri besar maupun kecil, kini telah sadar dengan pentingnya membangun brand.

Akan tetapi, terkadang masih ada beberapa orang yang kurang memahami membangun brand awareness untuk usahanya. Untuk itu simak alasan penting dan cara membangun branding berikut ini.

Alasan kenapa membangun brand itu penting dalam usaha

1.      Saat ini pengguna media sosial semakin besar

Saat ini sudah lebih dari 1 miliyar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook dan Twitter, ditambah dengan pengguna Instagram yang mencapai 69,2 juta dan pengguna TikTok 30,7 juta khusus di Indonesia saja. Dari jumlah tersebut pengguna media sosial sudah terbagi lagi berdasarkan gender, usia, bahkan status sosialnya. Sehingga bisa jadi target konsumen kita saat ini telah menggunakan media sosial dalam kesehariannya.

2.      Semua orang menyukai branding

Sekarang ini orang-orang lebih suka membeli produk dengan merk yang telah populer. Bukan hanya itu saja, orang-orang kini lebih memilih membeli produk yang telah memiliki akun media sosial dibanding, produk yang belum memiki media sosial. Tentu hal ini bisa menjadi peluang bagi anda, dengan memiliki akun yang telah di-branidng produk yang anda jual akan tampak lebih meyakinkan calon konsumen.

3.      Lebih mudah mempengaruhi orang lain untuk menggunakan produk/jasa yang kita tawarkan

Istilah “mulut ke mulut” ternyata masih cocok untuk pemasaran online saat ini. Karena konsumen puas dengan produk dan pelayanan kita bisa jadi mereka akan merekomendasikannya ke lingkungan orang terdekat. Nah, fungsi branding disini adalah untuk meyakinkan calon konsumen jika produk/jasa yang kita miliki berkualitas baik.

Lalu bagaimana membangun branding untuk usaha?

Membangun brand awareness khususnya untuk usaha kita, tentu gampang-gampang susah. Ada beberapa strategi yang harus dipahami terlebih dahulu agar brand yang dibangun dapat diterima dan tepat sasaran. Branding yang sukses ditandai dengan logo, slogan, hingga produk yang telah melekat dengan bisnis kita dan dikenal dengan sangat baik oleh konsumen. Untuk mencapai itu adapun hal yang perlu dilakukan antara lain:

Memilih media sosial yang tepat

Seperti yang disebutkan sebelumnya ada banyak media sosial yang bisa kita gunakan. Akan tetapi, untuk membangun brand awareness tentu kita harus cerdas dalam memilih media sosial mana yang akan digunakan. Untuk itu, kita harus jeli saat akan membuat akun media sosial khusus bisnis. Lihat lagi karakteristik media sosial yang akan dipilih, serta amati informasi demografi penggunanya, agar brand yang dibangun tidak salah sasaran.

Menggunakan konten visual yang menarik dan eyecacthing

Saat ini pengguna aktif media sosial sangat senang mengonsumsi konten visual dibanding konten tulisan. Meskipun konten tulisan juga berpengaruh dalam membangun brand, akan tetapi gambar visual yang menarik cenderung lebih cepat menarik perhatian para konsumen. Untuk itu, ada baiknya kita membuat konten visual yang menarik, sebagai salah satu cara untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumen. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti pemilihan pallete warna, logo, hingga template. Kombinasi ketiga hal itu akan membuat sebuah konten yang unik dan tidak monoton.

Selalu menyampaikan pesan dan informasi yang benar

Saat ini pengguna internet di Indonesia semakin cerdas. Berbagai informasi dari banyak media sosial membuat mereka menjadi lebih bijak dalam menentukan produk/jasa mana yang akan digunakan. Tentu mereka akan lebih memilih produk/jasa yang memberikan solusi atas masalahnya bukan hanya sekadar berjualan saja. Banyaknya penipuan berkedok jualan membuat mereka menjadi lebih berhati-hati. Untuk itu, pesan atau informasi apapun yang anda berikan di media sosial pastikan itu semua benar. Karena jika yang anda sampaikan tidak sesuai kenyataanya bisa jadi brand awareness yang dibangun akan turun, dan akan lebih sulit lagi mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Bagaimana setelah mendapatkan informasi di atas tentu muncul keinginan untuk membangun brand awareness pada produk yang anda miliki saat ini. Tapi untuk membangun itu tentu butuh konsistensi dan strategi yang tepat bukan? Agar menyelesaikan masalah tersebut 57creative kini memiliki layanan Social Media Maintenance yang dapat membantu anda dalam memperluas pasar dan membangun brand awareness. Dengan harga yang mulai dari 750.000an sangat cocok untuk UMKM yang tengah membangun bisnisnya. Untuk konsultasi bisa hubungi kami melalui 57creative.id atau SMS/Call/WA +62 812-2575-5277

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *