Pengaruh Social Media Management Pada Peningkatan Omset

Pengaruh Social Media Management Pada Peningkatan Omset

Pengaruh Social Media Management Pada Peningkatan Omset

Saat ini zaman telah berubah, ada banyak perubahan yang telah dialami mulai dari kebiasaan sehari-hari, pelayanan umum, proses transaksi, dan pemasaran. Perubahan ini tentu disebabkan oleh kemajuan teknologi yang semakin terkini. Tentu sebagai masyarakat modern kita perlu mengikuti dan mampu beradaptasi dengan kondisi sekarang ini.

Apalagi jika sebagian dari anda merupakan seorang pelaku bisnis, mengikuti trend yang ada tentu sebuah keharusan. Karena jika anda menyankal hal ini, bisa jadi bisnis anda justru akan gulung tikat. Seperti yang kita lihat saat ini, ada banyak industri kecil dan besar yang mulai go Online. Mereka memanfaatkan platform e-commerce dan media sosial untuk memasarkan produk atau jasanya.

Pengaruh Social Media Management Pada Peningkatan Omset

Sumber : Freepik

Ditambah lagi, ada banyak platform dan media sosial yang bisa dijajaki sebagai media pemasaran. Misalnya saja Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, dan TikTok. Semua media sosial tersebut tentu memiliki karakteristik yang berbeda, karakter ini tentu harus disesuaikan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Manfaat jika mengelola media sosial yang baik untuk bisnis

Selain menjadi media pemasaran, adapun manfaat lain yang bisa diperoleh dari media sosial bisnis antara lain:

  • Mengenal lebih dekat dengan calon konsumen melalui demografi yang digambarkan
  • Membangun brand awareness
  • Berinteraksi secara langsung dengan pelanggang atau menjadi salah satu media customer service
  • Lebih mudah melaksanakan kampanye atau launching produk baru
  • Mengubah konsumen menjadi pelanggan setia
  • Meningkatkan penjualan karena pengguna media sosial yang luas dan beragam, sehingga kita tak perlu khawatir dengan persaingan yang ketat

Namun untuk mendapatkan semua manfaat tersebut tentu diperlukan management social media yang baik. Sayangnya tak semua pelaku usaha bisa memahami hal itu. Sehingga banyak dari mereka yang gagal dan belum mendapatkan omset yang optimal dari media sosial yang digunakan.

Bagaimana mengelola media sosial agar dapat meningkatkan omset?

Tentu ada beberapa langkah yang harus dilakukan dari awal sampai akhir. Adapun langkah yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Bentuk tim pengelola

Memiliki tim yang khusus untuk mengelolah/memanajemen media sosila yang dimiliki adalah salah satu strategi yang mudah dan efektif. Tim tersebut bertugas untuk mengunggah, membalas komentar, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan media sosial sebagai bentuk pemasaran. Tim pengelola media sosial ini sangat penting karena perlu konsistensi dalam mengelola media sosial sebuah bisnis.

Untuk itu, cukup sulit jika mengelola media sosial hanya dengan 1 orang saja. Akan lebih ringan jika ada beberapa orang yang bertugas khusus mengelola media sosial yang anda miliki untuk kepentingan bisnis. Ingat, idelanya sebuah bisnis online harus responsif kapan pun itu.

  1. Buatlah komitmen

Mengelola media sosial tentu menjadi tantangan baru bagi kita, karena agar mencapai tujuan tertentu ada waktu, tenaga, bahkan uang yang harus dikeluarkan. Untuk itu, pastikan tim tersebut harus memprioritas pekerjaan yang dijalaninya. Ingatlah, komitmen adalah sebuah pengingat yang harus dimiliki oleh setiap anggota tim, akan mereka merasa bertanggung jawab atas media sosial yang dipegang.

  1. Tentukan tujuannya

Kita perlu memiliki tujuan sebelum menjalankan sebuah strategi. Saat anda sudah memiliki tim pengelola yang berkompeten, maka tahap selanjutnya adalah tentukan tujuan yang ingin dikejar. Tujuan ini bisa berupa nominal seperti jumlah follower atau hal lain. Dengan adanya tujuan tentu strategi yang akan dijalankan akan lebih jelas, dan pencapaian/progres yang didapat lebih terukur. Sehingga akan lebih mudah bagi anda untuk melakukan evaluasi secara rutin, guna meningkatkan produktivitas tim dan menciptakan tujuan baru.

  1. Buat kalender konten

Saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang sadar jika media sosial merupakan sebuah platform marketing mandiri. Sehingga dalam mengelolanya, kita tak boleh sembarangan mengunggah jika menginginkan loyalitas dan keterlibatan konsumen. Untuk itu, ada baiknya anda membuat jadwal konten yang menyeluruh dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, pastikan jadwal tersebut disesuaikan dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat, agar pesan atau informasi yang disampaikan tetap aktual dan relevan.

  1. Buat konten yang menarik

Sebagai pelaku bisnis tentu kita dituntut agar terus menyajikan konten yang kreatif agar menarik perhatian para calon konsumen. Saat ini sudah banyak konten marketing yang tersebar di media sosial, agar tak tergerus oleh persaingan maka kita harus menonjolkan konten-konten yang kreatif dengan tampilan visual yang eyecatching.

  1. Selalu dengarkan konsumen

Karena media sosial merupakan platform yang terbuka, sehingga sangat mungkin bagi anda dan konsumen berkomunikasi dengan dua arah. Untuk itu, selalu dengarkan apa yang mereka komplainkan, inginkan, dan butuhkan dari produk/jasa kita. Setiap masukan dari konsumen merupakan data yang bisa diolah untuk menciptakan inovasi terbaru.

Bagaimana sekarang sudah siapkah anda untuk mengelola media sosial dengan baik? Jika anda masih kesulitan karena belum memiliki tim yang memadai, tak perlu khawatir karena kebutuhan anda untuk managemen social media bisa diatasi dengan layanan yang kami berikan. Untuk harga tak perlu khawatir, karena bagi UMKM kami memiliki harga yang terjangkau dengan pelayanan terbaik. Anda bisa mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan biaya mulai dari 750.000-an. Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami melalui 57creative.id atau SMS/Call/WA +62 812-2575-5277

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *