Panduan Tepat Membuat Konten Visual Di Media Sosial

Panduan Tepat Membuat Konten Visual Di Media Sosial

Panduan Tepat Membuat Konten Visual Di Media Sosial

Saat ini memposting konten visual di media sosial adalah hal yang sangat penting guna meningkatkan strategi digital marketing. Anda harus tahu jika, konten visual bukan hanya berlaku pada media sosial berbasis gambar saja seperti Instagram. Akan tetapi konten dalam bentuk infografis, komik, screenshot, meme dan video juga bisa menjadi konten visual yang menarik. Entah apa bentuk konten media sosial yang anda buat, yang terpenting hal itu harus menarik, relevan dan tentunya nyaman dilihat.

Panduan Tepat Membuat Konten Visual Di Media Sosial

Namun sayangnya masih banyak orang yang belum bisa memaksimalkan konten visual mereka. Untuk itu berikut ini ada beberapa panduan membuat konten visual yang menarik di media sosial.

Pentingnya konten visual

Sebelum membahas langkah-langkah membuat konten visual yang menarik. sebaiknya anda harus memahami betapa pentingnya peran konten visual dalam strategi pemasaran di media sosial. Untuk lebih mendukung berikut ini adalah data statistik dari Hubspot terkait konten visual antara lain:

  • 63% konten media sosial terdiri dari gambar
  • 50% pengguna internet pernah melakukan repost pada foto/video
  • 54% pengguna internet perna mengunggah foto/video original yang diambil atau direkam sendiri
  • Konten dengan gambar yang relevan memperolah 94% lebih banyak view dibanding dengan konten yang tidak relevan
  • Otak manusia 66.000 kali lebih cepat memproses konten visual dibandingkan konten teks
  • 99% informasi yang dikirim ke otak adalah visual

Lalu bagaimana cara membuat konten visual yang menarik?

1.      Terapkan metode rule of third

Rule of third merupakan metode pengambilan gambar dengan komposisi tertentu. Hal ini bertujuan agar hasil gambar yang diperoleh dapat terlihat in sync dengan cara kerja mata manusia dalam memindai gambar. Metode ini menjadi dasar aturan seorang fotografer dalam menggambil gambar.

2.      Hanya menggunakan satu filter foto secara konsisten

Saat anda sedang menjelajah Instagram, terkadang anda akan menemukan beberapa akun dengan galeri fotonya dipenuhi palette warna yang senada. Menentukan palette warna yang senada pada setiap konten yang diunggah ternyata dapat menimbulkan perasaan tertentu pada para audiens. Hal ini bukan hanya berlaku pada Instagram saja, namun media sosial yang lain juga.

Jika ingin menggunakan satu filter secara konsisten, sebaiknya gunakan palette warna yang sesuai dengan brand anda. Palette warna sangat berhubungan dengan filter foto, untuk mengeditnya anda bisa menggunakan aplikasi editing. Misalnya Adobe Photoshop untuk PC dan VSCO untuk Smartphone. Carilah filter yang paling cocok, sehingga memudahkan audiens untuk mengenali akun media sosial anda.

3.      Jangan ragu untuk memanfaatkan aplikasi online gratis saat membuat konten

Jika anda masih menemukan kesulitan atau hambatan untuk mendownload aplikasi editing pada perangkat anda. maka anda bisa menggunakan aplikasi photo editing online yang dapat diakses secara gratis. Anda hanya perlu koneksi internet untuk mengedit foto menjadi konten visual yang menarik. Adapun beberapa aplikasi photo editing online yang dapat anda pilih, antara lain:

  • Pixlr, Aplikasi ini memiliki fitur yang hampir sama seperti Adobe Photoshop namun lebih sederhana untuk digunakan.
  • Canva, Selain dapat mengedit foto sendiri. pada aplikasi ini tersedia berbagai template yang dapat digunakan secara gratis dan sesuai dengan kebutuhan anda. Selain template, tersedia pula beberapa gambar, foto, vector, dan font sehingga anda bisa membuat konten visual dengan mudah
  • Piktochart, aplikasi ini sangat cocok jika anda ingin membuat infografis. Piktochart umumnya digunakan saat hendak membuat slide presentasi atau poster.
  • Recite, aplikasi ini menyediakan berbagai desain template yang dapat dipakai jika anda ingin membuat konten Quote atau kutipan tertentu.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *