Meningkatkan Engagement Audiens Anda Di Instagram

Meningkatkan Engagement Audiens Anda Di Instagram

Meningkatkan Engagement Audiens Anda Di Instagram

Instagram saat ini telah menarik perhatian masyarakat dunia, baik itu masyarakat umum ataupun para pebisnis. Tren ini dapat dikatakan relatif baru, seiring dengan pengguna instagram yang semakin banyak. Media sosial saat ini setidaknya memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Sehingga instagram menjadi salah satu platform dengan tingkat keterlibatan yang tinggi dibanding platform media sosial yang lain.

Meningkatkan Engagement Audiens Anda Di Instagram

Melihat pengguna instagram yang semakin meningkat dan beragam menjadi salah satu peluang bagi para pebisnis untuk membuka usaha. Sebenarnya sudah banyak pebisnis yang melakukan promosi melalui media sosial khususnya instagram. Namun melakukan promosi di Instagram tentu bukan hal yang mudah. Ada beberapa cara yang perlu anda lakukan agar menarik perhatian para pengguna instagram. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips meningkatkan angagement audiens di instagram, antara lain:

1.      Gunakan warna yang kuat dan solid

Hal pertama yang anda lakukan adalah melakukan hal yang tidak orang lain lakukan. Umumnya kompetitor anda mungkin anya melakukan hal yang telah dilakukan oleh kebanyakan, dan berharap hasil yang diperoleh sama baiknya. Pada kondisi ini, sebaiknya anda menampilkan sesuatu yang unik dan berbeda dari kebanyakan orang. Sehingga dengan tampilan yang berbeda anda bisa memperoleh perhatian audiens dalam sekejap.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Curalate, gambar dengna warna biru sebagai dominasi cenderung lebih disukai dibanding warna lainnya. Namun, gambar yang didominasi satu warna hampir mengungguli dibandingkan gampa tanpa ada warna yang mendomasi.

2.      Gunakan kalimat ajakan agar audiens segera bertindak

Saat anda melakukan promosi sebuah produk, maka tambahkan kalimat ajakan bertindak yang kuat kepada audiens. Ajakan tersebut bisa berupa, mendaftarkan diri, membeli produk, atau mengikuti akun akan dan ajakan lainnya. Instagram beroperasi dengan prinsip yang serupa, jika anda tidak mengajak para audiens, maka kemungkinan kecil mereka tidak akan melakukan apapun. Usahakan kalimat ajakan yang anda tulis sesuai dengan kondisi. Misalnya “Anda bisa mengikuti kami untuk informasi lebih lanjut.”

3.      Dorong para audiens untuk berdiskusi

Ajakan lain yang bisa anda gunakan adalah mengajak atau mendorong para audiens untuk terlibat dalam sebuah diskusi. Anda dapat menulis pendapat yang kuat dan mengundang sudut pandang kontras dari para audiens. Atau anda juga bisa mengajukan pertanyaan dan audiens akan menjawab dan menyampaikan pendapat mereka tentang topik tertentu. Mendorong audiens untuk berdiskusi bertujuan untuk membuat mereka berbicara satu sama lain. setelah muncul dua atau 3 pendapat anda bisa memulai diskusi. Namun hati-hati saat menyampaikan pendapat, jangan sampai pendapat tersebut terkesan kontroversial.

4.      Pilihlah hashtag (#) yang tepat untuk konten anda

Bila memilih hashtag yang benar, maka konten yang anda bagikan akan tersebar luas dan tepat sasaran. Hashtag merupakan saluran yang kuat untuk mencapai visibilitas yang lebih baik. selain itu, penggunaan hashtag juga membantu orang-orang menemukan gambar yang sesuai dengan tema tertentu. Sehingga hashtag sering digunakan mengkategorikan seluruh konten di instagram. Namun anda harus berhati-hati, jangan sampai menggunakan hashtag yang terlalu banyak. Jika anda menggunakan hashtag yang terlalu banyak atau hashtag yang dipilih kurang tepat, maka anda bisa kehilangan para pengikut, dibanding mendorong mereka untuk berinteraksi.

Itulah sedikit tips yang bisa diberikan untuk meningkatkan engagement di instagram bisnis anda. selain keempat poin di atas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti penggunaan instagram story, waktu yang tepat untuk mengunggah konten, dan melakukan promosi silang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *