Mengenal Profesi Sosial Media Spesialis

Mengenal Profesi Sosial Media Spesialis

Mengenal Profesi Sosial Media Spesialis

Sosial media kini menjadi kebutuhan pokok yang tak bisa lepas dari kehidupan orang-orang. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di platform tersebut. Misalnya saja, berkomunikasi dengan teman yang jauh, membangun komunitas, berjualan online, mendapatkan informasi dan masih banyak lagi. Seiring aktivitas di media sosial yang semakin meningkat, saat ini semakin banyak pula orang yang bekerja di bidang sosial media ini.

Sebut saja penyedia jasa desain feed dan story Instagram, admin, Influencer Social Media Manager hingga sosial media spesialis. Sosial media spesialis merupakan pekerjaan yang banyak digeluti oleh kalangan milenial.

Mengenal Profesi Sosial Media Spesialis

Mengenal profesi sosial media spesialis

Jika membahas tentang sosial media memang tak ada habisnya, selain bermanfaat untuk menambah jaringan dan menjalin komunikasi secara luas serta media promosi. Sosial media kini memunculkan profesi baru yang digeluti oleh kalangan milenial. Sebut saja Admin sosial media, Social media manager, social media officer dan lain-lain. Semua itu hanya sebagian kecil dari dampak baik dari perkembangan teknologi.

Apalagi saat ini kekuatan sosial media sangatlah besar sehingga banyak profesi-profesi tersebut yang dibutuhkan perusahaan. Banyak orang yang mengira jika sosial media spesialis merupakan pekerjaan yang mudah, dan bisa dilakukan siapa saja asal sering beraktivitas di media sosial. Padahal profesi tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Sebenarnya, bagi mereka yang berprofesi sosial media spesialis memiliki tanggung jawab dan memegang kendali atas semua isi jejaring sosial dari suatu perusahaan. Akan tetapi, pekerjaan ini bukan hanya sekadar mengunggah konten atau menulis beberapa baris caption saja.

Setiap keputusan yang diambil oleh seorang sosial media spesialis tentu sudah diperhitungkan secara strategis. Mulai dari penempatan konten yang berbeda untuk media yang berbeda, pemilihan kata kunci yang tepat, sampai perencanaan kapan waktu yang tepat mengunggah konten. Hal itu harus dipertimbangkan agar menjamin konten yang diunggah dapat menjangkau para audiens, serta berdampak baik bagi perusahaan.

Bukan hanya perusahaan saja, ternyata profesi ini juga dibutuhkan untuk perseorangan. Umumnya para tokoh publik dari kalangan selebriti, politisi, influencer dan lain sebagainya membutuhkan jasa seorang sosial media spesialis untuk mengoptimalkan akun mereka. Bagi mereka, citra dan popularitas dianggap sebagai salah satu parameter kesuksesan. Sekarang ini keberadaan media sosial menjadi medium baru untuk memperoleh popularitas. Sehingga profesi social media spesialis sangat dibutuhkan untuk memposisikan serta memanipulasi citra seseorang di dunia maya.

Hal dasar yang harus ditekuni untuk menjadi sosial media spesialis

Meskipun demikian setiap orang yang memiliki akun media sosial belum tentu bisa menjadi sosial media spesialis. Idealnya, mereka harus memiliki minat yang tinggi terhadap perkembangan dunia digital dan aktif di berbagai jejaring sosial. Seorang sosial media spesialis yang berkompeten umumnya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mereka sangat sensitif dengan perkembangan tren serta topik terbaru, selain itu mereka juga pribadi yang kreatif.

Mereka umumnya sangat paham dengan trik-trik dasar marketing dan memiliki pengetahuan mendalam tentang seseorang atau perusahaan. Terkadang, seorang sosial media spesialis berperan sebagai humas untuk klien yang diwakili. Setiap keluhan yang disampaikan para audiens ke situs sosial media mereka atau munculnya berita miring yang beredar, dapat mereka atasi dengan cepat.

Untuk tanggung jawabnya sehari-hari sangatlah beragam. Seperti mengkuari konten dan menciptakan event tertentu. Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan klie, selain itu ada beberapa kewajiban dasar yang perlu dipenuhi antara lain:

  1. Menganalisa serta mengevaluasi reaksi audiens di media sosial
  2. Melakukan interaksi dengan para konsumen atau audiens
  3. Menciptakan dan memperkuat brand perusahaan atau personal
  4. Memelihara kepercayaan dan kredibilitas
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *