Mengapa Unit Usaha Menengah Perlu Social Media Marketing?

Mengapa Unit Usaha Menengah Perlu Social Media Marketing?

Mengapa Unit Usaha Menengah Perlu Social Media Marketing?

Saat ini sudah banyak orang yang membuka unit usaha menegah, meskipun tidak besar akan tetapi usaha menengah tetap membutuhkan strategi marketing yang tepat. Apalagi terkadang beberapa pemilik usaha selalu berhati-hati dalam menggelola keuangan, karena anggaran yang terbatas membuat para pemilik usaha harus memutar otak agar strategi bisnis mereka tepat sasaran.

Mengapa Unit Usaha Menengah Perlu Social Media Marketing?

Salah satu strategi marketing yang bisa dilakukan dan menghemat biaya adalah social media marketing. Pada dasarnya sosial media marketing merupakan sebuah upaya membuat konten promosi di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan lain sebagainya. Selain hemat, media sosial bisa dikatakan sebagai media yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Namun bagi sebagian orang masih ragu dan bingung kenapa bisnis mereka perlu social media marketing. Untuk itu berikut ini adalah alasan kenapa unit usaha menengah membutuhkan social media marketing untuk meningkatkan penjualannya.

1.      Hampir semua konsumen beraktivitas di media sosial

Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial entah itu Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Bahkan dalam satu hari setidaknya mereka menghabiskan waktu 3 jam 26 menit untuk mengakses media sosial dengan berbagai tujuan. Dari hal ini, kita bisa tahu alasan mengapa social media marketing dibutuhkan oleh setiap jenis usaha, entah itu besar, menengah ataupun kecil. Banyaknya aktivitas di media sosial bisa menjadi peluang bagi anda untuk menjangkau para konsumen dimana saja dan kapan saja.

2.      Lebih mudah untuk berinteraksi dengan para konsumen

Umumnya para pengguna media sosial akan mencari informasi ter-update atau hiburan yang disukai. Mereka juga kurang reseptif terhadap paparan iklan secara langsung. Hal ini bukan berarti anda tak bisa memasarkan produk atau jasa. Dengan media sosial, anda justru akan membuat para konsumen menerima pesan dari produk/jasa anda secara mudah. Hal ini karena, media sosial memungkinkan anda untuk lebih banyak berinteraksi dan memesarkan produk dari sisi yang berbeda. Anda bisa menawarkan produk dengan cara yang menyenangkan.

3.      Meningkatkan visibilitas brand

Ternyata platform media sosial juga bisa meningkatkan visibiltas dari brand anda, sehingga brand anda akan lebih mudah dikenal dan diingat. Untuk itu berikan profil yang jelas dan menarik serta menggambarkan brand anda. Selain itu, buatlah konten-koten yang menarik yang akan menambahk nilai brand anda di mata konsumen. Melalui konten yang jelas dan menarik, konsumen akan mempelajari lebih lanjut tentang brand anda. Konten media sosial akan meningkatkan minat para konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa anda.

4.      Media sosial adalah word-of-mouth terbesar

Word-of-mouth ialah salah satu media pemasaran yang paling ampuh digunakan dalam berbagai bisnis. Bukan hanya gratis, namun juga membantu untuk membangun kepercayaan konsumen secara efektif. Dalam banyak hal, media sosial kini telah meluas dan menyentuh seluruh penjuru dunia. Sehingga jangkauan pemasaran dari muluk ke mulut akan lebih mudah dengan media ini. Saat ini konsumen lebih percaya dan memutuskan untuk membeli sesuatu berdasarkan review orang terdekat atau tokoh idolanya (influencer yang diikuti). Di media sosial konsumen dapat menyampaikan ulasan dan merekomendasikan produk anda ke teman atau kerabatnya secara mudah.

Sebenarnya masih banyak alasan lagi mengapa anda harus memiliki social media marketing. Seperti membantu anda untuk menentukan pasar dan konsumen, lebih efektif secara biaya, hingga meningkatkan penjualan. Semoga dengan informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi bisnis anda.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *