Mengapa Belajar Presentasi Itu Penting Bagi Setiap Orang?

Mengapa Belajar Presentasi Itu Penting Bagi Setiap Orang?

Mengapa Belajar Presentasi Itu Penting Bagi Setiap Orang?

Siapa yang pernah melakukan presentasi? Tentu hampir semua orang pernah melakukannya entah di depan kelas atau di depan atasan. Presentasi menjadi momen yang sangat penting, jika dulu sewaktu sekolah kita berusaha menampilkan presentasi yang bagus agar mendapatkan nilai 100. Sekarang presentasi sangat penting, selain menunjukkan hasil kinerja kita, presentasi yang bagus juga membuat calon klien atau mitra bisnis anda menyetujui perjanjian atau program kerja yang dibuat.

Mengapa Belajar Presentasi Itu Penting Bagi Setiap Orang?

sumber gambar: Freepik.com

Umumnya presentasi terkesan membosankan, selain penyampaiannya yang kurang menyenangkan terkadang tampilan presentasi yang monoton dan itu-itu saja menghilangkan minat audiens untuk menyimak informasi yang dibawakan.

Banyak orang yang menggap presentasi merupakan hal yang mengantuk, dan tidak menyenangkan. Belajar presentasi sebenarnya tak selamanya membosankan, karena dalam aktivitas itu kita bisa belajar banyak hal. Apalagi beberapa orang merasa terhibur apabila orang yang mempresentasikan tersebut membawakannya dengan cara yang lucu, namun tetap menyampaikan pesan di dalamnya.

Penyebab orang merasa malu dan gugup saat presentasi

Mungkin sebagian dari anda merasa gugup, malu dan bingung saat pertama kali presentasi di depan kelas atau didepan klien/atasan di kantor. Tenang saja, hal itu wajar hampir semua orang mengalaminya. Salah satu faktor yang membuat orang gugup saat presentasi adalah kurangnya kemampuan berbicara di depan umum (public speaking). Tak peduli bagaimana latar belakang anda, kemampuan public speaking ini perlu dilatih dari waktu ke waktu.

Sayangnya kemampuan public speaking ini tidak diajarkan di sekolah atau universitas. Sehingga tak heran banyak orang yang kesulitan saat mempresentasikan sebuah informasi tertentu. Untuk itu, ada baiknya saat ini kita mulai belajar public speaking atau presentation skill. Dengan harapan, lebih mudah bagi anda untuk menyampaikan informasi di depan umum secara efektif.

Lalu apa hubungannya dengan seseorang perlu belajar presentasi?

Tentu saja, dengan kemampuan presentasi yang baik, anda bisa mempromosikan diri di depan atasan atau klien. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah menyampaikan informasi di depan banyak orang dengan cara yang menyenangkan dan menginspirasi.

Kemampuan berpresentasi yang baik tentu akan menunjang perkembangan karir dan bisnis anda. Semakin efektif anda dalam menyampaikan ide, pikiran dan pengetahuan maka semakin meningkat kepercayaan orang terhadap diri anda. Sehingga bukan hal yang tak mungkin jika karir dan bisnis anda akan terus berkembang karena kemampuan presentasi yang baik.

Faktor lain yang meningkatkan kemampuan presentasi anda

Selain kemampuan berbicara di depan umum yang baik, ada hal lain yang sering dilalaikan orang namun menjadi poin penting dalam presentasi. Hal itu adalah desain presentasi, bagi beberapa orang mendesain presentasi semenarik mungkin sangatlah merepotkan. Sehingga mereka lebih memilih untuk mendesain presentasi semampunya atau menggunakan template bawaan dari software. Padahal template bawaan dari software cenderung monoton dan kaku.

Tampilan visual yang menarik tentu menjadi nilai plus. Apalagi umumnya orang akan memperhatikan informasi yang dikemas dengan menarik. Umumnya minat baca seseorang akan rendah, namun jika anda menambahkan gambar dan bentuk yang dikombinasikan dengan teks atau data maka bukan hal yang tak mungkin perhatian para audiens akan lebih terpusat pada presentasi anda.

Untuk itu sebaiknya anda menyempatkan waktu untuk mendesain presentasi terlebih dahulu. Jika tak sempat anda bisa memanfaatkan tools-tools online seperti canva, Pixlr, Vect, atau mendesain langsung melalui software Microsoft PowerPoint.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *