Membuat Presentasi Yang Baik Untuk Menarik Perhatian Audiens Anda

Membuat Presentasi Yang Baik Untuk Menarik Perhatian Audiens Anda

Membuat Presentasi Yang Baik Untuk Menarik Perhatian Audiens Anda

Terkadang berbicara di depan umum atau mempresentasikan sesuatu menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang. Bahkan hal ini sering membuat seseorang merasa gugup dan malu. Presentasi sering dilakukan di sekolah, ataupun di tempat anda bekerja.

Membuat Presentasi Yang Baik Untuk Menarik Perhatian Audiens Anda

Presentasi tentu menjadi hal yang penting dimana anda harus menyampaikan informasi di dalamnya secara baik dan mudah dimengerti oleh audiens. Menjadi pembicara memang harus mengerti tujuan dari presentasi tersebut. Apakah untuk melaporkan hasil penjualan, meyakinkan calon klien, menggambarkan proyek ke depan. Tentu selain memiliki kemampuan publik speaking, presentasi yang dibuat haruslah terlihat menarik. Sehingga hal ini akan meyakinkan audiens terhadap tujuan anda, sekaligus menunjukkan profesionalitasnya anda.

Memang banyak orang yang mengalami kebingungan bagaimana menyiapkan presentasi yang baik? Umumnya orang-orang membuat presentasi dengan Microsoft PowerPoint dan memanfaatkan template yang tersedia.

 

Namun agar tujuan anda tercapai saat mempresentasikan sesuatu, berikut ini ada beberapa langkah menyiapkan presentasi yang baik dan benar.

1.      Dahulukan membuat konten utama

Sebelum memulai menulis presentasi di PowerPoint, maka hal pertama yang perlu anda tahu adalah konten. Beberapa orang cenderung memulai membuat presentasi dari desain atau animasi slidenya terlebih dahulu. Padahal, cara efektif yang tidak memakan waktu lama adalah dahulukan menulis konten atau informasi yang akan disampaikan kepada audiens. Anda bisa memanfaatkan aplikasi catatan sederhana untuk membuat konten presentasi. Atau anda bisa menggunakan selembar kertas untuk menuangkan ide-ide tentang konten presentasi anda.

2.      Beri konten tambahan anda untuk membuat audiens semakin yakin

Umumnya konten utama pada sebuah presentasi berisikan tujuan, latar belakang, masalah, dan solusi. Namun agar audiens semakin yakin dengan apa yang anda sampaikan, jangan ragu untuk menambahkan beberapa argument untuk mendukung setiap poin yang disampaikan di presentasi nanti. Anda bisa menyusun beberapa hal untuk mensukseskan presentasi anda seperti: sasaran presentasi, menentukan audiens, garis besar (peta jalannya presentasi), dan dukungan (fakta, ide, atau data individual). Selain itu, saat anda membuat presentasi PowerPoint yang keren, sebaiknya anda memilih layout slide terbaik yang sesuai dengan isi konten anda pada setiap slidenya.

3.      Bangun tampilan PowerPoint anda lebih menarik

Seperti yang kita tahu jika PowerPoint memiliki beberapa pilihan tema bawaan yang merupakan titik awal yang baik bagi anda yang ingin tampil menarik saat presentasi nanti. Akan tetapi ada banyak alternatif lain yang lebih unik dan menarik, yakni.

  • Meminta bantuan dengan penyedia jasa desain presentasi. Sebenarnya ada banyak situs online yang menjual template powerpoint dengan jumlah slide yang sangat bayak mulai dari puluhan hingga ratusan slide. Agar tampilan presentasi anda tidak monoton anda bisa membeli template custom atau meminta bantuan penyedia jasa desain presentasi.
  • Ubah lagi tema dan gaya presentasi anda. untuk mengubah desain bawaan tentu anda perlu mengulik lagi microsoft PowerPoint. Tentu ini akan memakan waktu lebih, namun akan lebih baik jika desain tampilan presentasi anda sesuai dengan informasi yang dimuat.

4.      Tambahkan visualisasi

Ternyata visualisasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk memecah monoton poin yang ada di presentasi anda. Anda bisa menambahkan bada yang dipetakan dengan baik atau gambar yang bagus dan menarik perhatian audiens. Serta anda juga bisa menambahkan representasi visual sebuah fakta menarik dari poin penyampaian anda.

Semoga dengan informasi di atas memudahkan anda dalam membuat presentasi yang baik. selamat mencoba.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *