Membuat Cara Tepat Campaign Online Melalui Media Sosial

Membuat Cara Tepat Campaign Online Melalui Media Sosial

Membuat Cara Tepat Campaign Online Melalui Media Sosial

Media sosial saat ini bukan hanya dimanfaatkan sebagai media komunikasi saja. ada banyak hal yang dilakukan seperti berjualan, membangun komunitas hingga kampanye online. Online champaign adalah salah satu cara tepat untuk mengajak orang melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diharapkan.

Membuat Cara Tepat Campaign Online Melalui Media Sosial

Penggunaan media sosial dengan tujuan membangun awareness masyarakat kini bukan lagi hal yang sepele. Pengguna internet yang besar serta derasnya informasi yang diperoleh sexara online, membuat media sosial menjadi salah satu kanal yang menjanjikan untuk menyampaikan marketing campaign sebuah brand. Walaupun begitu, tentu melakukan online campaign bukan hal yang mudah. Anda perlu menyiapkan berbagai strategi  agar tujuan dari kampanye tersebut berhasil. Namun bagaimana membuat strategi yang tepat? Apa yang harus dilakukan agar brand anda semakin dikenal banyak orang? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kenali brand tersebut dengan baik

Sebelum membuat strategi marketing campaign, sebaiknya anda harus benar-benar mengenal brand tersebut. mengenal produk atau brand secara menyeluruh adalah cara terbaik untuk membangun branding. Untuk itu kenali betul-betul brand atau produk tersebut, bagaimana kelebihannya dan keunikannya dibandingkan kompetitor lainnya.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan siapa yang akan menjadi target pasar. Tentukan berapa usianya, dari kalangan manakah, dan jenis kelaminnya jika perlu. Hal-hal tersebut akan menentukan penggunaan tone dari setiap konten yang anda buat.

Buatlah cerita yang menarik dan konsisten

Agar kampanye online anda semakin melekat pada audiens, maka buatlah story-telling yang menarik. Story-telling yang dibuat harus memuat informasi tentang brand. Story-telling akan mudah diterima oleh audiens, buatlah mereka merasa jika apa yang diceritakan sama seperti apa yang mereka rasakan. Berbeda dengan hard-selling yang terkesan memaksakan audiens untuk membeli produk tersebut. Sedangkan dengan story-telling akan membangun interaksi antara brand dengan audiens. Selain cerita yang menarik kunci utama dari strategi marketing adalah konsisten dalam menyuarakan campaign.

Selain itu, anda juga harus membuat ‘One Line Key Massage’ misalnya #majubersama #SemuaBisa dan lain sebagainya. Gunakan kata kunci tersebut secara konsisten, selain itu anda juga harus memperhatikan tone yang sama pada setiap desain konten anda.

Pilihlah media sosial yang paling tepat untuk kampanye online anda

Setelah anda membuat story-telling dan key message-nya maka hal lain yang tak kalah penting saat melakukan kampanye online adalah menentukan media sosial mana yang paling cocok untuk digunakan selama kampanye. Ingat setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anda bisa menggunakan YouTube Ads, Instagram dan Facebook untuk beriklan. Selain itu, agar lebih menarik minat audiens anda bisa bekerja sama dengan seorang influencer. Pilihlah influencer yang memiliki citra, dan visi yang serupa dengan brand anda. Misalnya anda ingin mengkampanyekan olahan makanan organik maka anda bisa bekerja sama dengan Selebriti chef atau Food Vlogger. Dengan kepopuleran mereka, maka akan semakin besar kemungkinan brand atau produk tersebut dikenal masyarakat.

Setelah campaign tersebut dijalankan, maka jangan lupa untuk melakukan evaluasi terhadap hasil campaign dari setiap kanal-kanal media sosial yang digunakan. Seperti media sosial mana yang paling banyak menghasilkan interaksi dengan audiens, serta berapa banyak audiens yang membeli produk anda. Dari situ, anda dapat menentukan mana media sosial yang paling efektif untuk beriklan untuk melakukan kampanye berikutnya.

Bagaimana informasi di atas? Semoga dengan beberapa langkah yang telah dijelaskan anda dapat membangun brand awareness dengan baik pada produk atau perusahaan anda.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *