Membuat Caption Instagram Yang Dapat Meningkatkan Engagement

Membuat Caption Instagram Yang Dapat Meningkatkan Engagement

Membuat Caption Instagram Yang Dapat Meningkatkan Engagement

Saat ini instagram menjadi media sosial yang paling banyak dimiliki kalangan anak muda. Setelah diakuisisi oleh pihak Facebook, kini semakin banyak fitur menarik yang dimiliki oleh Instagram sehingga membuat siapapun yang menggunakannya betah menjelahi media sosial tersebut. Instagram bukan hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja namun juga kepentingan bisnis. Semakin banyaknya pengguna Instagram maka hal ini menjadi peluang untuk memperluas pasar.

Membuat Caption Instagram Yang Dapat Meningkatkan Engagement

Agar bisnis online anda bertahan di media sosial ini tentu anda harus memahami bagaimana algoritma dari Instaragm itu sendiri. Selain konten yang dibuat menarik dan konsisten, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah caption yang tertera pada konten. Salah satu penyebab unggahan anda dilihat oleh banyak orang yakni “Engagement” atau tingkat interaksi dari konten tersebut.

Untuk meningkatkan tingkat interaksi pada foto atau video yang anda bagikan maka anda harus memperhatikan caption yang dibuat. untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa tips membuat konten yang dapat meningkatkan engagement anda antara lain:

1.      Buat caption yang singkat namun menyimpan makna

Sebenarnya tidak ada yang salah jika anda membuat caption yang panjang, akan tetapi, umumnya audiens lebih menyukai caption singkat, padat dan bermakna. Tentunya makna tersebut dapat dipahami oleh para audiens. Hal ini bisa berisi informasi yang bermanfaat, atau bisa tentang motivasi atau sesuatu yang mengena di hati mereka, sehingga mereka merasa bahwa apa yang dijabarkan seperti yang dialami. Caption ini akan mengundang banyak like dan komentar.

2.      Diakhiri dengan kalimat tanya

Untuk memancing interaksi seperti komentar pada audiens, maka anda bisa menambahkan kalimat tanya pada caption. Misalnya anda mengunggah 2 produk dengan jenis yang sama namun desainnya berbeda. Selanjutnya anda bisa memberikan kalimat tanya pada caption seperti “Mana yang lebih anda sukai? Kiri atau kanan?”

Atau anda juga bisa memberi pertanyaan lain yang mengundang komentar seperti “Produk apa yang kalian butuhkan untuk merawat kulit?” dan lain-lain. Kalimat tanya tersebut akan membuat para audiens berusaha untuk menjawabnya. Anda juga jangan ragu untuk membalas komentar mereka dengan baik dan sopan.

3.      Sertakan hashtag pada caption anda

Setelah caption berhasil dibuat, maka jangan lupa untuk menyertakan hashtag (#). Pilihlah hastag yang sesuai dengan konten anda, tidak perlu terlalu banyak, karena saat ini Instagram membatasi penggunaan hashtag pada setiap konten yang diunggah.

4.      Tambahkan emoji

Emoji bisa jadi sarana yang cukup penting untuk mempermanis caption anda. Hal ini akan memberikan kesan ramah bagi audiens. Namun, anda harus menggunakan emoji yang sewajarnya, jangan terlalu banyak. Ingat fungsi emoji hanya menguatkan pesan.

5.      Cek kembali jangan sampai ada kesalahan tulisan (typo)

Setelah caption selesai dibuat maka jangan lupa membaca ulang, hal ini perlu agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pada tulisan. Anda tentu tidak ada kesalahpahaman dengan para audiens bukan. Untuk itu, periksa caption dengan teliti sebelum mengunggahnya.

6.      Caption yang dibuat harus sesuai dengan video atau foto

Anda harus paham, jika caption yang ditulis merupakan pendukung dari foto atau video yang diunggah ke instagram. Jadi sebaiknya anda harus menulis caption yang sesuai dengan informasi atau pesan yang digambarkan pada video atau foto. Caption dan foto/video harus beriringan dan tak boleh berseberangan karena ini akan membuat konten anda menjadi rancu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *