Ingin Beriklan Di Facebook? Simak Caranya Berikut Ini!

Mari Belajar Jenis Media Sosial Yang Sering Digunakan Berdasarkan Fungsinya

Mari Belajar Jenis Media Sosial Yang Sering Digunakan Berdasarkan Fungsinya

Saat ini social media telah memasuki popularitasnya dikalangan masyakarat. Media sosial memang digunakan oleh semua kalangan, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Memang platform media sosial saat ini sering digunakan untuk menunjukkan eksistensi seseorang, berbagi informasi, membangun komunitas, dan media pemasaran brand atau produk tertentu.

Jika kita lihat dari tren pencarian di Google dalam 10 tahun terakhir ini, tingkat pencarian kata kunci “social media” terus meningkat semenjak tahun 2008 lalu. Kebanyakan orang-orang mencari informasi tentang tips dan trik mengelola media sosial, hingga kiat-kiat untuk mendapatkan penghasilan dari platform tersebut atau menggunakan media sosial sebagai pendukung pemasaran digital.

Alasan Kenapa Kita Perlu Mendesain Konten Instagram Semenarik Mungkin

Sumber : Freepik

Sebenarnya, media sosial sendiri merupakan sebuah situs atau layanan online yang memungkinkan penggunanya untuk berpartisipasi membuat sesuatu, mengomentari, dan membagikan konten dalam berbagai format (teks, gambar, audio, atau video). Dengan media sosial, penggunanya dapat membangun obrolan sehingga mudah bagi mereka untuk berdiskusi atau berdebat tentang topik tertentu. Media sosial kini juga digunakan oleh institut pemerintah atau lembaga tertentu agar bisa terkoneksi langsung dengan rakyat.

Ada banyak jenis media sosial yang populer saat ini mulai dari instagram, YouTube, Facebook, Pinterest, Twitter, dan masih banyak lagi. Sebenarnya fungsi dasar media sosial adalah media komunikasi, namun dewasa ini setiap jenis media sosial memilih desain penggunaan dan fungsinya masing-masing. Mungkin sebagian dari anda belum paham betul tentang jenis-jenis media sosial berdasarkan desain penggunaan dan fungsinya. Namun sebagai pebisnis tentu anda perlu mengetahui hal tersebut, karena hal ini akan membantu anda dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.

1.      Layanan blog

Secara singkat blog merupakan jurnal pribadi seseorang di internet. Blog sering digunakan untuk berbagi catatan atau cara pandang seseorang tentang sesuatu. Umumnya  orang yang terbiasa menulis di blog disebut dengan blogger, situs yang digunakan pun antara lain WordPress, Blogger, Wix, dan lain-lain. Perihal marketing, blog sering digunakan untuk mengedukasi konsumen atau membagikan informasi terbaru tentang produk atau jasa mereka.

2.      Layanan jejaring sosial

Jenis layanan ini umumnya lebih konsen terhadap jalinan relasi antara sesama pengguna, biasanya mereka akan saling berbagi pesan, informasi, foto, ataupun video. Cara berjejaring yang dilakukan biasanya dalam bentuk pertemanan, media sosial yang berfokus pada jejaring ini antara lain Facebook, LinkedIn. Dari segi marketing sendiri, media sosial ini bisa digunakan sebagai content channel yang akan membahas tentang berbagai bentuk informasi dari brand anda.

3.      Layanan blog mikro (microblogging)

Hal ini serupa dengan layanan blog, namun microblogging ini cenderung menyajikan informasi lebih ringkas. Namun interaksi yang terjadi cenderung lebih  cepat dibanding blog biasa. Media sosial yang cocok dengan layanan ini adalah Twitter. Umumnya microblogging digunakan untuk mengoptimalkan interaksi yang cepat dengan para konsumen anda. Contoh penggunaan Twitter pada perusahaan atau institut tertentu sebagai media menyampaikan keluhan atas layanan yang kurang memuaskan.

4.      Layanan berbagi media

Apakan anda sering menonton video yang ada di YouTube atau mendengarkan siaran Podcast di platform Soundcloud? Anda perlu tahu jika kedua platform tersebut merupakan media berbagi konten. Selain dalam bentuk audio dan video, konten lain yang sering digunakan untuk berbagi adalah foto. Contoh media sosialnya adalah Instagram, dan Flickr. Pada strategi marketing digital media sosial ini sering digunakan untuk membagikan konten-konten visual yang akan memperkuat brand/produknya. Konten yang dibagikan bisa berupa produk, kegiatan brand, atau inforgarik.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *