Hobi Jadi Profesi, Simak Pekerjaan Di Era Digital Yang Menyenangkan

Manajemen Sosial Media Yang Baik Untuk Menunjang Pertumbuhan Bisnis

Manajemen Sosial Media Yang Baik Untuk Menunjang Pertumbuhan Bisnis

Saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan media sosial sebagai media promosi mereka atau pengenalan produk. Media sosial dianggap ampuh untuk meningkatkan penjualan produk, memang saat ini semakin banyak kegiatan yang dilakukan di sana, mulai dari memperluas jejaring sosial, membangun komunitas, hingga berdagang. Apalagi saat ini banyak media sosial yang dilengkapi fitur marketplace, dan akun bisnis.

Hobi Jadi Profesi, Simak Pekerjaan Di Era Digital Yang Menyenangkan

Sumber : Freepik.com

Namun sayang, kebanyakan orang terlalu saklek dengan satu hal. Mereka belum paham dengan managemen media sosial yang baik yang dapat menunjang pertumbuhan bisnisnya. Dengan fitur-fitur media sosial yang baru, sangat mungkin bagi bisnis anda untuk berkembang lebih besar lagi.

Memilih media sosial yang tepat sebagai langkah awal manajemen yang baik

Ada banyak platform media sosial yang bisa diakses. Namun memilih media sosial yang tepat tentu penting karena ini akan berpengaruh terhadap keberhasilan Manajemen anda. Untuk itu, sebagai pebisnis sangat penting untuk mengetahui karakteristik setiap platform media sosial tersebut.

Untuk memudahkan anda berikut ini ada jenis-jenis media sosial yang sering digunakan untuk bisnis antara lain:

1.      Facebook

Jika anda yang tak ingin repot mengurus banyak media sosial, ada baiknya anda memilih Facebook. Media sosial ini umumnya digunakan hampir semua kalangan, mulai dari Ibu rumah tangga, mahasiswa/pelajar, pekerja, dan lain-lain. Sebagai pebisnis, Facebook merupakan media sosial yang wajib dimiliki, karena jumlah penggunanya yang besar.

2.      Instagram

Media sosial lain yang semakin banyak digunakan dari waktu ke waktu adalah Instagram. Konten yang dibagikan ke Instagram umumnya berupa foto atau video, untuk penggunanya sendiri kebanyakan adalah kalangan anak muda. Namun, tingkat interaksi yang ada bisa dikatakan besar. Media sosial ini sangat cocok bagi anda yang ingin membangun Brand Awareness.

3.      LinkedIn

Bagi anda yang ingin menerapkan sistem Business to Business (B2B) media sosial yang cocok adalah LinkedIn. Di LinkedIn anda bisa menemukan orang dengan jabatan tertentu, atau pemilik usaha lainnya, cara untuk membangun koneksi dengan mereka juga cukup mudah hanya tinggal mem-follow saja. Setelah itu, anda bisa mengirim penawaran, catat datanya seperti nama perusahaan, email, no. telp, jabatan.

4.      Google Plus

Google+ digunakan jika anda ingin konten yang ada di website mempunyai nilai lebih di mesin pencari. Anda perlu tahu, platform ini cukup berpengaruh bagi pelaku SEO.

Tentukan strategi kontennya

Setelah anda menganalisis dan menimbang media sosial mana yang akan digunakan untuk keperluan bisnis. Maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah strategi konten, hal ini cukup sulit, dan perlu diperhatikan dengan baik. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda pahami antara lain:

1.      Menentukan tujuan

Coba pikirkan lagi, apa tujuan anda? Apakah ingin meningkatkan penjualan atau memperluas pasar? Atau tujuan lainnya. Menentukan tujuan setiap bulannya akan membuat anda lebih mudah membuat timeline konten.

2.      Konten yang anda buat adalah konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas di setiap media sosial yang anda pakai tentu berbeda. Jika di Instagram membutuhkan foto/video yang unik, hastag yang sesuai, dan caption yang menarik. Maka di Facebook orang cenderung menyukai tautan/link dibanding konten berupa foto/video ataupun teks. Konten yang berkualitas juga harus disesuaikan dengan segmentasi anda.

3.      Waktu mengunggah

Selain isi konten, hal lain yang perlu anda perhatikan adalah waktu posting. Pastikan anda menggunggah konten di saat senggang. Saat di jam sibuk tentu akan sedikit orang yang melihat konten anda, sehingga akan sedikit interaksi yang diperoleh.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *