Kunci Membangun Karir Dengan Personal Branding Di Media Sosial

Kunci Membangun Karir Dengan Personal Branding Di Media Sosial

Kunci Membangun Karir Dengan Personal Branding Di Media Sosial

Istilah personal branding kini sudah tidak asing di telinga anda. Personal branding merupakan sebuah cara atau proses memasarkan diri kepada khalayak umum. Meskipun demikian, ternyata beberapa orang masih belum memahami betapa pentingnya personal branding di era digital seperti ini. Anda mungkin belum mengerti, jika memiliki ‘brand’ untuk diri sendiri ternyata memberikan banyak manfaat terutama pada kehidupan karir anda.

Kunci Membangun Karir Dengan Personal Branding Di Media Sosial

Kenapa demikian? Alasannya, saat ini banyak perusahaan, institusi pendidikan, dan institusi lainnya yang melihat aktivitas seseorang di media sosial sebagai bahan pertimbangan untuk merekrut anggota baru. Selain itu, dengan membangun personal branding anda bisa saja mendapatkan endorsement.

Untuk itu penting bagi kalangan milenial sekarang membangun personal brandingnya. Namun beberapa orang masih kebingungan bagaimana membangun personal branding mereka? Bahkan beberapa masih sembarangan dalam mengunggah foto dan videonya. Namun anda tak perlu khawatir berikut ini adalah kunci membangun karir dengan personal branding di media sosial, antara lain:

1.      Coba pikirkan anda ingin dikenal orang-orang seperti apa?

Seperti saat membuat produk atau bisnis, membangun personal branding juga harus mempertimbangkan kira-kira citra seperti apa yang anda tunjukan pada orang-orang. Anda perlu memahami potensi atau kemampuan mana yang ingin dipamerkan di dunia maya nanti. Contohnya, anda memiliki kemampuan berdandan  daningin dikenal sebagai penata rias profesional atau dikenal sebagai fotografer handal hal itu didukung dengan peratan yang dimiliki.

Dengan mengetahui potensi apa yang anda miliki. Maka lebih mudah membuat konten yang akan membangun personal branding anda. Sehingga secara perlahan Personal Branding anda akan terbentuk.

2.      Lakukan branding atas nama anda sendiri

Memilih nama untuk akun media sosial terkadang susah-susah gampang. Anda tentu ingin nama yang keren dan mudah diingat. Sebenarnya untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan nama sendiri. Jika nama anda sudah dikenal orang-orang, maka personal branding anda berhasil dibangun. Barulah kemudian anda harus pikirkan bagaimana menjaga dan mengembangkan personal branding tersebut.

3.      Utamakan passion dan hobi yang dimiliki

Apa anda masih mengalami kesulitan untuk memulai personal branding di media sosial? Jika anda masih ragu dengan profesi atau kemampuan yang ingin dipamerkan pada orang-orang. Maka anda bisa menunjukkan hal lain yang ada pada diri anda, misalnya passion dan hobi yang digeluti.

Kita tak pernah tahu, jika hobi yang anda geluti ternyata bisa memperoleh hasil yang besar bukan? Mengutamakan konten media sosial yang berisikan tentang passion dan hobi anda, maka anda bisa membangun peronal branding dengan lebih mudah, dan menyenangkan tanpa perlu pusing-pusing atau terbebani. Anda bisa menjadi diri sendiri tanpa menunjukkan citra diri palsu di media sosial.

4.      Ingat, tetap jadi diri sendiri

Hal ini mungkin terdengar cukup sulit bagi sebagian orang. Di satu sisi anda harus membangun personal branding yang telah direncanakan sebelumnya, namun di sisi lain anda tidak boleh kehilangan siapa jati diri anda sebenarnya. Jika tidak sesuai dengan diri sendiri, maka personal branding yang dibangun akan terasa berat dan palsu. Sehingga, cepat atau lambat, orang-orang akan berhenti mengikuti diri anda setelah mereka tahu siapa anda sebenarnya.

Untuk itu, usahakan tampilkan sisi positif yang anda miliki tanpa ada perasaan terpaksa. Ekpresikan pikiran dan cara pandang anda terhadap sesuatu sesuai dengan diri sendiri. Ingat, anda harus tetap fokus pada kemampuan yang ingin ditonjolkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *