Kapan Anak Bisa Memiliki Akun Media Sosial Sendiri?

Kapan Anak Bisa Memiliki Akun Media Sosial Sendiri?

Kapan Anak Bisa Memiliki Akun Media Sosial Sendiri?

Sosial media memang salah satu kebutuhan pokok manusia modern saat ini. Hal ini bukan hanya untuk eksis dan mengikuti tren saja. Banyak manfaat yang diperoleh dari media sosial, mulai dari membangun personal branding, media komunikasi, ruang untuk berdebat atau berdiskusi, membangun komunitas, dan sarana pemasaran.

Namun banyaknya orang yang mengakses media sosial membuat banyak orang bertanya, batas usia berapa seseorang boleh menggunakan sosial media? Hal ini tentu menjadi PR besar bagi para orangtua saat anak mereka menginjak usia remaja. Meskipun banyak manfaat yang diperoleh, namun jika tidak digunakan secara bijak sosial media bisa berdampak buruk terutama bagi anak-anaknya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan kapan anak bisa memiliki akun media sosial sendiri? di bawah ini.

Kapan Anak Bisa Memiliki Akun Media Sosial Sendiri?

Apakah anak sudah siap atau belum?

Sebelum memberikan akses kapada anak untuk memiliki akun media sosial sendiri, anda harus paham betul apakah mereka bisa bertanggung jawab atas segala aktivitas di media sosial nanti. Terkadang banyak orangtua yang memberikan izin tanpa memperhatikan kesiapan mereka. Seorang anak yang menginjak usia remaja tentu belum memiliki pola pikir yang matang. Mungkin bagi mereka memiliki media sosial adalah hal yang keren dan apa yang mereka tulis bisa dilihat oleh banyak orang. Anak remaja harus memahami betul jika setiap tindakan yang dilakukan pasti ada risiko yang akan diterima, termasuk aktivitas di media sosial.

Mereka mungkin belum paham dengan isu Cyber bullying, berkomentar pedas untuk merendahkan orang lain. Bahkan, hal buruk yang bisa dilakukan mereka bisa mengunggah foto pribadi yang kurang patas di media sosialnya, hal ini karena dorongan para pengikut atau meniru pose idolanya.

Sebenarnya setiap sosial media memiliki batas usia untuk penggunanya

Anda harus memperhatikan jenis media sosial apa yang digunakan oleh anak. Umumnya setiap media sosial memiliki kebijakannya masing-masing dalam menentukan batasan usia penggunanya. Namun, rata-rata penggunaan secara pribadi minimal harus berusia 18 tahun. Untuk media sosial seperti Facebook dan Twitter minimal berusia 13 tahun. Meskipun demikian orangtua tetap harus mengawasi anaknya saat menggunakan media sosial. Akan lebih baik jika anda menemani mereka untuk membuat akun pribadi. Akan lebih baik jika anda menelusuri dan menggunakan jenis media sosial yang akan digunakan anak. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah cocok untuk mereka atau tidak.

Anda bisa memberlakukan aturan yang tegas

Sebenarnya media sosial tak semengerikan yang anda bayangkan, kunci dari penggunaan media sosial yang baik adalah bertanggung jawab dan bijak. Dengan media sosial seperti Instagram atau YouTube bisa membantu anak remaja dalam mengasah kreativitas mereka. Mereka dapat mencari informasi dan ide-ide konten dari kedua platform tersebut. Namun penggunaan yang tidak diperhatikan oleh orangtua atau orang dewasa terdekatnya akan menimbulkan dampak buruk. Untuk itu sebaiknya anda menerapkan beberapa aturan sebelum mereka menggunakan media sosial, seperti:

  • Setting Privat akun instagram mereka
  • Beri batas waktu menggunakan media sosial
  • Anda harus tahu siapa yang mereka ikuti dan teman-temannya di media sosial

Meskipun ada batasan usia yang diberikan oleh masing-masing jenis media sosial, namun bukan berarti anak harus memiliki media sosial saat itu. Bisa saja anak berusia 13 atau 18 tahun belum bisa bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Kuncinya adalah anda harus benar-benar paham dengan karakter anak, sebelum memberikan izin kepada mereka.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *