Jenis-Jenis Kampanye Yang Dapat Diterapkan Di Instagram

Jenis-Jenis Kampanye Yang Dapat Diterapkan Di Instagram

Jenis-Jenis Kampanye Yang Dapat Diterapkan Di Instagram

Tentu anda sudah paham jika instagram merupakan salah satu kanal yang bisa digunakan untuk content marketing visual. Sudah lebih dari 1 miliar orang aktif menggunakan media sosial yang satu ini. Bahkan mereka beraktivitas entah mengunggah foto/video, mencari informasi, atau lainnya setiap hari. Instagram terus memperbarui fiturnya sehingga sangat cocok untuk digunakan secara pribadi atau bisnis. Misalnya saja  Instagram Live, Carousell, Instagram Stories dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Kampanye Yang Dapat Diterapkan Di Instagram

Sebuah produk atau brand, tak ada salahnya untuk mengikuti tren yang sedang populer di kalangan masyarakat. Akan tetapi, agar konten yang anda buat tepat pada sasaran tentu perlu ada strateginya. Untuk itu ada baiknya anda mempelajari berbagai jenis marketing campaign yang sering ditemui di Instagram.

Sebenarany, ada beberapa jenis marketing campaign Instagram agar anda tak salah langkah, berikut ini pembahasan selengkapnya.

1.      Kampanye awareness

Tujuan dari kampanye awareness merupakan upaya untuk meningkatkan visibilitas sebuah produk, brand atau layanan yang anda miliki. Bagi brand baru atau brand yang sedang berkembang, kampanye ini tentu sangat membantu agar brand tersebut tampak berbeda, dan menarik minat audiens. Instagram seringkali digunakan untuk menemukan atau mengikuti brand tertentu. Sehingga sebaiknya anda membuat konten yang berharga, mengingat 75% pengguna Instagram akan melakukan tindakan setelah melihat kiriman sebuah brand seperti menyukai, mengomentari atau mengunjungi situs website.

2.      Penjualan atau promosi

Penjualan dengan promosi khusus merupakan salah satu taktik perusahaan yang sering dilakukan untuk menarik perhatian audiens. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada audiens dengan mendorong mereka untuk mengunjungi situs atau akun instagram brand kemudian mengkonversikannya menjadi penjualan dengan pemberian kode diskon. Apalagi saat ini adanya fitur belanja langsung dari instagram, dapat mempermudah para konsumen potensialuntuk membeli produk anda secara langsung.

3.      Giveaway

Jenis kampanye lain yang bisa anda lakukan adalah giveaway, cara ini cukup efektif untuk meningkatkan engagement. Dalam pelaksanaannya anda harus menyertakan beberapa syarat dan ketentuan untuk mendukung tujuan dari kampanye tersebut.

Misalnya anda meminta audiens untuk menandai teman mereka pada kolom komentar, atau repost gambar giveaway tersebut di akun media sosial pribadinya.

4.      Kampanye peluncuran produk

Saat anda memiliki produk atau layanan baru, tentu anda merencanakan kampanye agar produk tersebut diketahui banyak orang. Anda dapat melakukan hal tersebut di Instagram hal ini bertujuan untuk membangun hype dan awareness audiens menjelang peluncuran produk tersebut. Bukan hanya itu, kampanye ini juga akan memberi peluang bagi anda untuk menunjukkan berbagai keunggulan dan kualitas dari produk tersebut. Agar semakin hype anda bisa bekerja sama dengan influencer.

5.      Kampanye User Generated Content (UGC)

Kampanye ini merupakan kampanye yang mendorong para audiens untuk berbagi pos yang menampilkan produk anda dan disertai tagat khusus untuk menandai kampanye tersebut. umumnya kampanye UGC ini dilakukan selama beberapa periode tertentu. Dengan menggunakan kampanye ini, anda bukan hanya membangun brand awareness melalui tagar, namun juga memiliki banyak konten yang kemudian dapat dimanfaatkan pada akun brand anda sendiri. Yang perlu anda ingat saat melakukan kampanye UGC ini, jangan terlalu lama menahan konten UGC dalam postingan media sosial brand anda. Hal ini akan membuat para audiens tidak peduli dan berhenti merespon kampanye ini.

Umumnya kampanye UGC dilakukan oleh brand-brand tertentu seperti fashion, gadget, makanan, dan lain sebagainya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *