Ingin Monetisasi Blog? Simak Tipsnya Berikut Ini

Ingin Monetisasi Blog? Simak Tipsnya Berikut Ini

Ingin Monetisasi Blog? Simak Tipsnya Berikut Ini

Mungkin anda sudah pernah dengar kalau kita bisa mendapatkan uang dari situs blog yang dirawat dengan baik. Namun beberapa orang mungkin masih bingung bagaimana monetisasi blog? Hal ini sering ditanyakan oleh mereka yang sering menulis blog. Jika dulu blog berfungsi sebagai catatan pribadi penulisnya, saat ini fungsi blog mulai bergeser menjadi media informasi publik. Sehingga peluang mendapatkan uang dari kegiatan blogging semakin besar.

Monetisasi blog merupakan kegiatan pemasaran yang memiliki banyak keuntungan, dari sisi materi ataupun exposure. Dari sisi materi anda bisa mendapatkan keuntungan langsung berupa uang, di sisi exposure anda bisa menaikkan awareness website di mata audiens. Jika kamu tertarik dengan kegiatan blogging, dan bingung bagaimana cara memonetisasinya simak penjelasan berikut ini.

Ingin Monetisasi Blog? Simak Tipsnya Berikut Ini

Sumber: Freepik

1.      Program Afiliasi

Program afiliasi merupakan kerja sama website dengan sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk mereka sehingga mendapatkan kominis pada setiap kerjasama. Besarnya komisi itu, tergantung dari kebijakan setiap perusahaan. Bukan hanya itu, anda juga berkesempatan untuk mendapatkan materi promosi yang bisa dijadikan media mempelajari cara memasang iklan di masa mendatang. Bentuk kerja sama program afiliasi umumnya berupa referral code yang akan didapatkan saat digabungkan. Referral code memiliki fungsi untuk mendeteksi pembeli sehingga saat ada calon pembeli yang mengetik kode atau klik link yang anda lampirkan. Maka refferal code dari website anda akan terdeteksi sebagai sumbernya. Selain melalui website, saat ini refferal code juga bisa dibagikan melalui media sosial.

Semua tergantung dari bagaimana perjanjian anda dengan perusahaan. Namun ada yang perlu anda ingat, sebaiknya pilih program afiliasi yang sesuatu dengan niche website anda. Hal ini bertujuan agar konten promo sesuai dengan konten-konten anda yang lain. Jangan sampai adanya program ini membuat kualitas konten anda menurun.

2.      Iklan konteksual

Iklan ini merupakan iklan yang ditayangkan berdasarkan konteks/konten yang ditampilkan di website anda. Format iklan pun beragam, mulai dari grafis, teks, hingga video, anda bisa menempatkan iklan tersebut sesuai dengan layout website. Iklan konteksual juga sering dikenal sebagai Google Adsense.

Nominal komisi iklan kontekstual umumnya agak kecil, dan memerlukan waktu yang cukup lama agar benar-benar berhasil mendapatkannya. Selain itu, sistem perhitungannya juga berbeda-beda, ada yang dihitung dari jumlah klik, jumlah impresi, atau banyaknya iklan yang berkunjung ke website anda. Akan tetapi jika website anda memiliki traffic yang bagus, maka anda bisa dengan mudah mendapatkn Google Adsense.

Akan tetapi, jenis iklan ini membuat anda tidak memiliki kontrol sepenuhnya terhadap jenis iklan apa saja yang akan muncul. Mungkin anda bisa memblokir beberapa iklan, namun kembali lagi pemilik website tidak bisa memilih iklan apa saja yang bisa dimunculkan. Yang perlu anda ingat, jangan terlalu banyak memasang iklan di blog anda, karena itu akan mengganggu para pembaca/audiens.

3.      Menyewakan ruang

Cara lain untuk monetisasi blog adalah menyewakan ruang/space. Anda bisa, menggunakan space di website dan mailing list untuk menghasilkan uang, caranya: menyewakan ruang tersebut untuk pengiklanan. Space yang umumnya digunakan adalah banner atau widget di sidebar. Anda bisa menentukan sendiri tarif yang harus dikeluarkan oleh pengguna jasa/perusahaan selama iklan mereka tampil di situs website anda. Selain itu, anda juga bisa memilih iklan jenis apa yang dapat tampil di situs website anda.

Sebelum menyewakan ruang untuk iklan, pastikan website anda memiliki kredibilitas yang baik. karena, pihak penyewa tentu juga ingin mengetahui website apa yang akan menayangkan iklannya.

Semoga informasi di atas membuat anda lebih bersemangat dalam menulis blog. Manfaatkan apa yang ada untuk menghasilkan uang!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *