Ingin Beriklan Di Facebook? Simak Caranya Berikut Ini!

Ingin Beriklan Di Facebook? Simak Caranya Berikut Ini!

Ingin Beriklan Di Facebook? Simak Caranya Berikut Ini!

Ada banyak jenis media sosial yang digunakan oleh orang-orang mulai dari Instagram, Twitter, YouTube dan lain-lain. salah satu media sosial yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Facebook. Pengguna media sosial ini bisa dibilang cukup banyak, sekarang ini sudah lebih dari 2 miliar pengguna Facebook. Selain menjadi media komunikasi yang efektif, Facebook juga cocok menjadi media pemasaran produk, bahkan saat ini anda bisa memasang iklan di sana.

Namun bagi sebagian orang masih ragu untuk memasang iklan di Facebook. Padahal ada banyak keuntungan yang diperoleh jika kita memasang iklan di Facebook, selain jangkauannya yang luas. Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dari iklan yang ditanyangkan.

Ingin Beriklan Di Facebook? Simak Caranya Berikut Ini!

Lalu bagaimana caranya memasang iklan di Facebook? Berapa biaya yang harus dibayar? Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini:

1.      Buatlah halaman bisnis anda di Facebook

Jika anda sudah membuat halaman Facebook bisnis, maka anda bisa langsung melanjutkannya ke Facebook Ads Manager atau Business Manager untuk mengelola iklan. Namun jika belum memiliki Halaman bisnis, buatlah terlebih dahulu. Untuk tahapan selanjutnya, akan menggunakan cara untuk membuat iklan di Facebook menggunakan Ads Manager.

2.      Pilih tujuan yang sesuai dengan keinginan iklan anda

Setelah anda berhasil login di Facebook Ads Manager, maka klik tab Campaign kemudian klik Create. Anda akan memulai kampanye iklan Facebook baru. Facebook menawarkan 11 tujuan pemasaran iklan, semua itu tergantung pada apa yang ingin anda capai pada iklan tersebut. tujuannya antara lain:

  • Brand awarenesss
  • Reach
  • Traffic
  • Engagement
  • App installs
  • Video views
  • Lead generation
  • Messages
  • Conversions
  • Catalog sales

Usahakan anda memilih opsi yang paling cocok berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Perlu anda perhatikan jika tujuan pemasaran yang berorientasi konversi (misalnya penjualan) dapat dibayar per action, namun jika tujuan iklan anda adalah exposure (misalnya traffic dan view) maka anda harus membayar berdasarkan impressions.

3.      Beri nama kampanye iklan

Selanjutnya scroll ke bawah untuk memberikan nama kampanye iklan Facebook anda. anda juga bisa memilih untuk mengaktifkan A/B split test atau tidak. Bukan hanya itu, ada pula opsi lain untuk mengoptimalkan budget iklan yang anda sediakan untuk menjalankan kampanye tersebut. Jika anda memiliki tujuan pemasaran Engagement, maka anda juga harus mempertimbangkankan apakah konsen dari kampanye terletak pada konten engagement, page like atau event responses. Pikirkan baik-baik dan pilihlah yang memang sesuai dengan harapan anda.

4.      Atur akun iklan anda

Jika ini pertama kalinya bagi anda memasang iklan di Facebook, maka anda harus mengklik tombol ‘Set Up Ad Account’. Selanjutnya, anda akan diminta untuk mengisi beberapa detail data yang berkaitan dengan akun iklan anda. Masukan informasi seperti negara asal, pilih mata uang, dan waktu waktu, barulah klik continue.

5.      Pilih audiensnya

Setelah anda memberi nama pada iklan maka selanjutnya pilihlah page mana yang ingin dipromosikan. Scroll ke bawah untuk membangun segmentasi target audiens anda. Anda bisa memilih berdasarkan lokasi target, usia, gender, serta bahasa. Saat memilih audiens, perhatikan indikator ukuran audiens pada sisi kanan layar anda. Hal ini akan membantu anda untuk memperoleh gambaran seperti apa potensi jangkauan iklan tersebut. selanjutnya  anda bisa memilih lokasi penempatan iklan, atur budget dan jadwal penayangan.

Semoga dengan informasi di atas, bisa membantu anda untuk memasang iklan di facebook.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *