Bagaimana Cara Membuat Konten Viral Untuk Bisnis?

Fakta Menarik Tentang Sosial Media Yang Mengubah Dunia

Fakta Menarik Tentang Sosial Media Yang Mengubah Dunia

Saat ini sudah banyak orang menggunakan Internet. Internet bagaikan sebuah kebutuhan hidup bagi masyarakat modern. Dari miliaran orang yang menggunakan internet, hampir sebagian besar mengakses media sosial untuk keperluan sehari-hari. Bahkan semakin hari akses ke media sosial semakin meningkat.

Media sosial umumnya digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya berkomunikasi dengan orang lain, mencari hiburan, berjejaring dengan rekan kerja atau teman, membangun komunitas, berdiskusi dan lain sebagainya. Banyaknya manfaat yang diperoleh ternyata membuat media sosial memiliki fakta-fakta unik-unik yang tak banyak orang tahu.

Untuk itu berikut ini ada beberapa fakta menarik di balik media sosial yang sering kita gunakan setiap hari. Apa saja? simak penjelasannya berikut ini.

Bagaimana Cara Membuat Konten Viral Untuk Bisnis?

sumber : Freepik.com

1.      Media sosial ‘wajib’ dimiliki

Saat ini media sosial memang menjadi hal yang wajib dimiliki oleh semua orang. Menurut seorang ahli dari Pusat Penentu Jurnalisme Digital bernama Claire Wardle, menyatakan media sosial telah mengubah berbagai hal. Contohnya, media sosial saat ini digunakan untuk digital marketing atau saluran komunikasi antara pemilik usaha dengan pelanggannya. Ada berbagai industri yang telah menggunakan media sosial untuk keperluan bisnisnya. Untuk itu, rasanya media sosial menjadi hal yang wajib dimiliki.

2.      Platform media sosial mempermudah perbankan

Ternyata media sosial juga menjadi sebuah platform yang digunakan pada sektor perbankan. Sama halnya pada bisnis, media sosial mengubah cara komunikasi  pada bidang perbankan. Mulai dari memperbaiki layanan pelanggan sampai memungkinkan penggunanya mentransfer yang secara online. Bukan hanya itu saja, perusahaan teknologi finansial juga memakai media sosial untuk membantu calon nasabahnya untuk membuka rekening baru. Serta, menggunakan media sosial juga bisa mempermudah seorang untuk memperoleh pinjaman.

3.      Media sosial membantu layanan kesehatan

Industri lain yang juga terbantu dengan adanya media sosial adalah industri kesehatan. Contohnya, dengan media sosial banyak orang yang mengkampanyekan kesehatan atau gaya hidup sehat kepada masyarakat. Atau masyarakat dapat mengunjungi dokter virtual dapat dilakukan melalui media sosial seperti Skype, atau aplikasi khusus yang terhubung dengan internet.

Media sosial ternyata juga membantu para pasien agar tetap terhubung dengan pihak-pihak yang ahli dengan kesehatan. Umumnya, masyarakat dapat mengajukan pertanyaan tentang kesehatan, apalagi respon yang diberikan lebih cepat saat mereka bertanya di media sosial. Akan tetapi, ada dampak buruknya juga. Dimana informasi yang diberikan bisa saja disampaikan oleh orang yang bukan ahli di bidang kesehatan tertentu. Untuk itu, pihak-pihak kesehatan perlu membuat rencana agar dapat merespon dan mengatasi jika ada informasi yang kurang akurat di media sosial.

4.      Media sosial dapat mengubah cara komunikasi pihak pemerintah dengan masyarakat

Saat ini partisipasi dan keterlibatan warga sipil di media sosial sudah menjadi sumber gagasan, rencana, dan inisiatif bagi pemerintah. Melalui media sosial, saat ini banyak pemimpin baik di tingkat daerah maupun pusat berkomunikasi dengan masyarakatnya. Sehingga, pemerintah akan lebih merangkul rakyat, dan pemerintahan pun terasa lebih transparan. Bahkan saat ini ada banyak platform khusus yang dibuat sebagai media rakyat untuk memberikan masukan atau laporan langsung kepada pemerintah.

5.      Media sosial memudahkan masyarakat dalam merespon bencana

Media sosial ternyata membantu masyarakat dalam merespon bencana, hal ini bisa anda lihat melalui fitur Facebook yakni Safety Check. Dengan fitur tersebut, pengguna Facebook yang ada di sekitar wilayah bencana dapat saling memberitahu bagaimana kondisi mereka. Selain itu, media sosial dapat menjadi jembatan komunikasi bila bencana terjadi, sehingga akan mempermudah untuk memberikan bantuan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *