Bingung Bagaimana Cara Mendesain Media Sosial Bisnis? Simak Tipsnya!

Bingung Bagaimana Cara Mendesain Media Sosial Bisnis? Simak Tipsnya!

Bingung Bagaimana Cara Mendesain Media Sosial Bisnis? Simak Tipsnya!

Saat ini media sosial tentu sudah familiar di masyarakat, baik dari kalangan anak muda maupun orang dewasa. Dalam dunia media sosial sendiri selalu mengalami perubahan, khususnya unsur-unsur visual. Unsur visual merupakan salah satu cara ampuh yang dapat menarik perhatian audiens. Hampir sebagian orang cenderung memilih informasi yang disertakan gambar yang mendukung, dibanding hanya tulisan saja.

Bingung Bagaimana Cara Mendesain Media Sosial Bisnis? Simak Tipsnya!

Sosial media merupakan salah satu strategi marketing yang kini digencarkan oleh banyak orang. Sehingga hal ini berarti setiap pelaku bisnis harup mengoptimalkan media sosial sebaik mungkin. Perlu anda ketahui, sebenarnya ada banyak tips strategi marketing media sosial yang ada di internet. Membahas tentang strategi media sosial tentu tak luput dari desain tampilan yang menarik. agar setiap konten yang dibagikan menarik banyak orang, maka desain yang unik dan baik adalah kuncinya. Selain menarik perhatian, desain media sosial  juga membangun brand bisnis milik anda. untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk desain media sosial agar bisnis anda semakin berkembang antara lain:

1.      Bedakan media cetak dengan media sosial

Saat anda membagikan konten ke media sosial, sebaiknya jangan posting apa yang dimaksudkan untuk di cetak langsung ke jaringan anda. Hal ini karena bagian gambar/desain yang hendak dicetak memiliki resolusi yang terlalu tinggi untuk website atau media sosial anda. Untuk itu sebaiknya anda membuat desain baru yang khusus media sosial, desain tersebut hanya memuat informasi-informasi yang penting saja.

2.      Usahakan anda meminimalisir penulisat yang bersifat copy-paste

Saat membuat desain visual untuk media sosial, maka anda perlu adanya sebuah inovatif. Jika anda harus menyalin informasi dari situs lain, sebaiknya anda memodifikasi informasi tersebut atau secara teknik disebut dengan Amati-Tiru-Modifikasi. Cobalah mengubah informasi tersebut sekreatif mungkin dan jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang agar para audiens mudah memahaminya. Anda bisa menambahkan sebuah link, apalagi audiens menginginkan informasi yang lebih lanjut.

3.      Perkaya diri dengan template

Ternyata salah satu faktor penting saat membuat desain media sosial adalah memastikan segela sesuatu yang dibuat terletak pada ukuran dan posisi yang tepat. Ada banyak dimensi untuk mengetahuinya, namun anda tak perlu khawatir untuk menghafalkan. Sebenarnya, ada banyak cheatsheets di luar sana dengan berbagai ukuran, umumnya setiap platform memiliki ukurannya masing-masing.

4.      Perbanyak lagi referensi dan panduan anda

Hal yang tak kalah penting saat mendesain media sosial adalah up-to-date, up-to-date bukan hanya dalam informasi saja. Namun juga pedoman gambar masing-masing jejaring sosial. Selain itu, memperbanyak referensi desain akan membantu agar tampilan visual anda lebih mengikuti zaman.

5.      Menentukan hierarki

Hierarki merupakan urutan tingkatan atau jenjang. Bukan hanya dalam berorganisasi hierarki juga perlu dalam mendesain. Hierarki visual adalah susunan komponen dalam sebuah konten, seperti tulisan, gambar, bentuk dan lain-lain. Semua komponen tersebut kemudian disusun dan diatur agar pesan/informasi yang hendak disampaikan dapat diterima audeins dengan baik.

6.      Utamakan tipografi

Tipografi merupakan salah satu unsur dalam mendesain yang berpengaruh cukup besar. Dengan penyusunan tipografi yang baik maka ada potensi yang lebih besar dibanding hanya sekadar kata-kata biasa. Selain itu, tipografi juga akan mengembangkan perasaan dan karakter brand anda kepada audiens.

Untuk mempermudah anda dalam mendesain media sosial, saat ini sudah banyak situs atau platform khusus untuk mendesain dengan berbagai ukuran. Selain itu, platform tersebut juga menyediakan banyak referensi yang dapat anda tiru dan modifikasi sehingga menjadi konten anda sendiri. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *