Biaya Kelola Social Media Untuk Bisnis Corporate

Biaya Kelola Social Media Untuk Bisnis Corporate

Biaya Kelola Social Media Untuk Bisnis Corporate

Mendengar istilah “Social Media Management” tentu berkaitan erat dengan yang namanya digital marketing yang saat ini sangat banyak dicari oleh UMKM, tokoh publik, corporate, bahkan institusi. Social media management diperlukan mengingat saat ini banyak orang yang terus update dan menata rapi profil media sosial mereka. Intensitas posting dan mempercantik tampilan visual konten tentu sangat berpengaruh terhadap jumlah followers, interaksi yang terjalin, dan tingkat kunjungan.

Biaya Kelola Social Media Untuk Bisnis Corporate

Akan tetapi, saat ini masih banyak pelaku usaha baik UMKM ataupun corporate yang belum menyadari pentingnya memelihara akun media sosialnya. Pengelolaan akun media sosial tentu berbeda jauh dengan cara marketing pada umumnya, sehingga agar akun tersebut bisa menghasilkan keuntungan, seorang admin harus benar-benar paham. Dari akun media sosial yang benar dan tepat bisa menghasilkan pendapatan. Untuk itu, bagi anda yang memiliki usaha ada baiknya mulai melakukan management pada akun media sosial yang digunakan.

Apa itu social media management?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya anda memahami sebanarnya apa yang dimaksud dengan social media management. Social media management pada dasarnya ialah pembuatan akun media sosial yang membuat konten-konten menarik dan mampu mempresentasikan sebuah brand. Konten yang ada dibagikan ke media sosial umumnya memuat tentang informasi yang berkaitan dengan produk. Informasi yang disebarkan akan menarik orang-orang untuk berkunjung dan mungkin berlanggan.

Social media management sangat dibutuhkan untuk bisnis

Masih sedikit mengetahui jika dengan management pada akun media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap bisnis. Adapun berbagai manfaat yang diperoleh jika anda mengelola akun media sosial dengan baik, antara lain:

1.      Mampu meningkatkan brand awareness

Dengan pengelolaan media sosial yang baik dan benar dengan menggunggah konten yang berkualitas, edukatif/promotif, serta tampilan visual yang menarik secara rutin. Ternyata dapat meningkatkan kesadaran orang-orang akan brand yang dimiliki di media sosial secara perlahan. Hal ini tentu akan membuat brand awareness menjadi tinggi dan hal inilah yang membuat bisnis anda menjadi lebih mudah berkembang.

2.      Media yang praktis untuk informasi, berita, dan promosi produk

Masyarakat sekarang jika setiap brand atau usaha mempunyai presensi sendiri di media sosial. Sehingga apabila anda ingin mempromosikan produk, anda cukup menggunggahnya ke media sosial. Untuk jangkauan yang lebih luas, anda bisa memberikan budget untuk mempromosikan konten promo tersebut. Cara ini tentu lebih praktis, murah, dan hemat tenaga.

3.      Anda bisa meningkatkan penjualan

Apakah anda tahu jika dengan mempelajari management social media ternyata secara tidak langsung anda mendapatkan ilmu tentang social media marketing. Secara perlahan, konten yang anda unggah ke media sosial akan menarik minat para calon konsumen. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin jika dari konten yang anda unggah dapat meningkatkan kepercayaan mereka untuk melakukan transaksi atau pembelian. Hal ini tentu akan meningkatkan omset anda.

4.      Memperkenalkan usaha yang dimiliki ke khalayak luas

Saat ini pengguna media sosial dari tahun ke tahun semakin bertambah dan beragam. Sehingga saat anda membuat akun media sosial, anda dapat memperkenalkan produk dan usaha anda ke khayalak luas. Apalagi jika akun media sosial anda dikelola dengan sangat baik, sehingga usaha yang anda memiliki positioning di mata masyarakat.

5.      Menunjukkan kualitas dan jati diri dari sebuah usaha

Menjual produk atau menawarkan jasa pada era digital saat ini bukan hanya sekadar menunjukkan layanan atau produk yang anda sediakan saja. Saat ini masyarakat cenderung lebih tertarik pada kualitas dan jati diri dari perusahaan yang menawarkannya. Kualitas dan jati diri sebuah usaha dikenal sebagai brand personality yang memiliki sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis di masa mendatang.

Strategi media sosial management

Mungkin selama ini anda tak memiliki waktu, biaya, kemampuan dan kesempatan yang sama untuk menjalankan social media management. Sehingga jika anda memiliki anggaran namun belum tahu digunakan untuk keperluan apa. Tak ada salahnya untuk berkolaborasi atau bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mengolah media sosial yang anda miliki. Kerjasama tersebut bisa berupa membentuk tim khusus ataupun menggunakan jasa digital agency. Agar semakin yakin berikut ini merupakan strategi social media management untuk bisnis antara lain:

1.      Menentukan jenis konten

Ada banyak jenis konten yang digunakan, untuk menyampaikan informasi yang tepat wadah yang sesuai dengan target pasar kita. Anda bisa mengolah media sosial dengan menulis blog pada website, berbagi foto atau video, rekaman suara (podcast), infografis dan lain-lain. Anda bisa fokus pada 1 jenis konten atau membuat beberapa variasi konten.

2.      Mengetahui paradigma baru dalam promosi

Meskipun berbasis digital, ternyata membuat skema pemasaran dari mulut ke mulut juga dibutuhkan. Brand atau produk yang tengah menjadi bahan perbincangan orang-orang tentu akan membuat brand anda viral dan berpengaruh besar terhadap penjualan.

3.      Pahami gaya bahasanya

Beda media tentu berbeda cara komunikasi dan pendekatan dengan audiens. Umumnya media konvensional dan elektronik cenderung menerapkan komunikasi satu arah. Namun hal ini berbeda dengan media sosial, yang cenderung membentuk pola komunikasi 2 arah. Sehingga saat mengelola media sosial anda dituntut untuk proaktif terhadap audiens.

Setelah memahami pembahasan di atas semoga kesadaran kita tentang pentingnya social media management semakin tinggi. Khususnya bagi anda yang memiliki bisnis, karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap perkembangan dan pendapatan. Jika anda ingin memiliki akun media sosial yang aktif dan menarik namun budget yang dimiliki tidak besar, anda bisa menghubungi kami untuk berkonsultasi. 57creative.id merupakan digital agensi yang sangat mendukung pertumbuhan sebuah bisnis khususnya UMKM, dengan budget yang terjangkau maka anda bisa memiliki tampilan media sosial yang professional. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui SMS/WA/CALL +62 812-2575-5277

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *