Personal Branding Dapat Meningkatkan Kredibilitas

Apa Yang Dimaksud Dengan Shadow-Ban?

Apa Yang Dimaksud Dengan Shadow-Ban?

Saat anda berusaha untuk meningkatkan jumlah pengikut di instagram, tentu anda akan mengusahakan segala cara. Mulai dari konsisten mengunggah konten, mengikuti para konsumen yang potensial, hingga menggunakan beberapa hashtag dan engagement agar memperluas jangkauan akun media sosial anda. Tentu saja, rasanya cukup mengecewakan jika tiba-tiba konten yang anda unggah tidak muncul dimana pun.

Jika anda mengalami kondisi dimana konten yang anda unggah mengalami penurunan like dan komentar, atau justru tidak muncul pada beberapa hashtag yang anda tulis, maka bisa jadi konten tersebut mengalami shadaow-ban.

Personal Branding Dapat Meningkatkan Kredibilitas

Sumber : Freepik.com

Mungkin sebagian dari anda masih merasa asing dengan istilah shadow-ban. Perlu anda tahu jika algoritma instagram atau media sosial yang lain sering berubah-ubah. Sehingga sangat mungkin, teknik yang anda gunakan saat ini sudah tidak efektif lagi.

Umumnya saat konten yang anda tidak muncul pada timeline para pengguna instagram kecuali mereka yang telah menjadi pengikut anda, adalah salah satu tanda jika konten tersebut mangalami shadow-band. Memang jika dipikir mana mungkin hal itu terjadi, namun banyak pengguna instagram menggunakan yang kurang tepat untuk meningkatkan jumlah pengikutnya. Contohnya, penggunaan bots, atau menggunakan puluhan hingga ratusan hashtag yang tidak sesuai dengan konten.

Anda perlu tahu jika instagram tidak memblok akun seperti itu, maka kualitas indtagram di mata penggunanya akan menurun.

Apakah saya kena shadow-ban?

Beberapa orang, khususnya bagi mereka yang baru menggunakan instagram dan menggunakan strategi yang salah untuk mempromosikan produk atau diri anda sendiri. untuk lebih jelasnya mari kita cari tahu bersama:

  1. Mengunggah gambar/konten dengan hashtag yang jarang digunakan
  2. Lalu, minta 5 orang tidak mengikuti anda di instagram untuk mencari hashtag yang tercantum
  3. Jika konten yang memiliki hashtag tertentu tidak muncul pada pencarian, maka kemungkinan besar anda kena shadow-ban

Temukan penyebab kenapa anda kena shadow-ban

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa akun anda mengalami shadow-ban, simak beberapa penjelasannya berikut ini:

  1. Anda menggunakan bots untuk menambah jumlah pengikut. Alasan pertama kenapa akun anda mengalami shadow-ban adalah anda menggunakan bots (robot) untuk meningkatkan jumlah pengikut di Instagram.
  2. Anda menggunakan hashtag yang telah di-banned sebelumnya. Anda harus teliti dalam memilih hashtag, karena ada beberapa hashtag di instagram penuh dengan berbagai konten yang melanggar aturan. Sehingga hal inilah yang membuat pihak Instagram, mem-banned hashtag-hashtag tersebut.
  3. Akun anda sering dilaporkan oleh pengguna instagram yang lain. Banyaknya orang yang melaporkan akun anda, maka menandakan jika banyak konten anda yang menyalahi aturan instagram.
  4. Anda sering melebihi batas maksimal follow, komen, post, atau like, setiap hari atau jam. Penyebab lainnya adalah, aktivitas seperti like, komen, post atau follow yang melebihi batas ketentuan. Sebenarnya anda bisa saja mengikuti 80 akun instagram baru dari 1 jam secara konsisten. Namun pihak Instagram tentu akan curiga jika akun tersebut merupakan bots.

Lalu bagaimana caranya agar bisa kembali normal?

  1. Jika selama ini anda menggunakan bots, maka segera hentikan dan hapus sesegera mungkin.
  2. Sebelum mengunggah konten apapun, pastikan daftar hashtag anda tidak di-banned oleh instagram, untuk itu anda perlu teliti.
  3. Ada beberapa orang mengatakan jika berhenti mengunggah konten apapun di instagram selama 2 hari atau 48 jam. Hal ini akan membuat akun instagram anda mereset sistem yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *