Apa Manfaat Media Sosial Bagi Para Pelajar?

Apa Manfaat Media Sosial Bagi Para Pelajar?

Apa Manfaat Media Sosial Bagi Para Pelajar?

Ada banyak media sosial yang digunakan oleh orang-orang, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan lain-lain. Bahkan saat ini rasanya sulit bagi kita untuk lepas dari media sosial. Alasan kenapa media sosial begitu populer dikalangan masyarakat adalah memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dan melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berkomunikasi, mendiskusikan sesuatu, hingga promosi produk yang dijual.

Apa Manfaat Media Sosial Bagi Para Pelajar?

Media sosial memang digunakan hampir semua kalangan, mulai dari kalangan pebisnis, mahasiswa hingga pelajar. Akan tetapi, terkadang banyak orangtua yang khawatir dengan penggunaan media sosial saat ini dapat berpengaruh buruk terhadap pergaulan ataupun pelajaran di sekolah.

Meskipun isu Cyber Bullying dan penyalahgunaan sosial media masih marak namun anda tak perlu khawatir karena dibalik hal-hal buruk masih banyak hal baik yang diperoleh dari media sosial, khususnya bagi para pelajar.

Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan manfaat media sosial bagi kalangan pelajar:

1.      Membangun komunitas

Tak sedikit pelajar yang dituntut untuk menyesuaikan dirinya dengan berbagai konsep pelajaran di sekolah dan tugas-tugas dari bapak/ibu guru. Dengan adanya media sosial dapat membantu mereka unuk memusatkan pengetahuan kolektif seluruh kelas. Akan lebih mudah bagi mereka untuk membuat grup belajar dan komunikasi pun akan lebih efisien. Misalnya mengumpulkan kontak kelas untuk berkolaborasi dan saling berbagi rumus serta mereka dapat mengundang guru bergabung dan memberikan pemahaman tentang pelajaran tertentu. Jaringan gurp belajar bukan hanya sebatas lingkungan sekolah yang sama. Dengan jaringan internet yang luas, sangat memungkinkan bagi anda belajar dengan orang lain yang berbeda sekolah.

2.      Melanjutkan pembahasan tentang pelajaran di sekolah

Bagi pelajar yang tak bisa masuk ke kelas tertentu dan tak ingin ketinggalan pelajaran, maka media sosial seperti Periscope, Skype, atau SnapChat. Atau pelajar dapat menggunakan google hangout yang memfasilitasi mereka untuk belajar kelompok. Dalam kelompok tersebut memberikan kesempatan bagi pelajar yang ingin mengajukan pertanyaan kepada guru. Atau anda juga bisa memanfaatkan Twitter yang dirancang untuk membangun koneksi dengan sesama penggunanya untuk bertukar pertanyaan atau jawaban mengenai topik tertentu.

3.      Mengatur sumber pembelajaran

Manfaat lain dari media sosial adalah membantu pelajar untuk menemukan berbagai informasi yang dapat diakses dengan mudah. Misalnya YouTube, dalam platform tersebut para pelajar dapat menemukan berbagai video pelajaran mulai dari sejarah, tutorial membuat kerajinan tangan, menemukan konsep dan rumus baru dan masih banyak lagi. Selain itu, pelajar juga bisa menggunakan layanan dari google docs untuk mengerjakan tugas kelompok. Fitur ini akan membantu mereka mengorganisir kelompok dan mengerjakan tugas dengan mudah.

4.      Mendukung materi pembelajaran

Saat ini banyak informasi yang didapatkan dari media sosial, banyak konten tambahan yang dapat memperluas pembelajaran para pelajar. Selain pada buku, pelajar dapat menemukan materi yang lain melalui situs blog, atau memanfaatkan YouTube yang kontennya berupa video sehingga memudahkan pelajar dalam memahami hal yang sedang dipelajari.

5.      Bertambahnya wawasan

Penggunaan media sosial membuat kalangan pelajar mengetahui informasi secara langsung. Selain sebagai sumber informasi, media sosial juga bisa menjadi tempat berbagi tips dan trik kepada orang lain. Apalagi konten DIY (Do It Yourself) sekarang ini semakin diminati. Berbagai informasi bermanfaat yang digunakan kalangan pelajar lama kelamaan akan melatih kemampuan mereka untuk mengakses, menganalisa, dan menahan berbagai informasi. Sehingga sangat memungkinkan dengan adanya media sosial mereka dapat menemukan dan mengembangkan keterampilan diri.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *