Apa Itu Buyer Persona? Bagaimana Cara Menmbuatnya?

Apa Itu Buyer Persona? Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa Itu Buyer Persona? Bagaimana Cara Membuatnya?

Saat ini dunia marketing semakin berkembang, bahkan dari waktu ke waktu ada banyak teknik marketing baru yang dapat mengoptimalkan penjualan sebuah produk. Apalagi dengan era digital sekarang, tentu teknik marketing harus disesuaikan apalagi saat ini pengguna internet sudah mencapai jutaan. Dengan kondisi demikian, banyak pebisnis yang harus menyesuaikan kondisi saat ini. Ada perubahan dari cara marketing konvensional ke digital marketing. Bagi yang terjun di bisnis digital tentu harus mengikuti perkembangan dan dinamika yang ada. Perkembangan ini bukan hanya dari sisi media dan alat saja, namun juga strategi.

Apa Itu Buyer Persona? Bagaimana Cara Menmbuatnya?

Sumber : Freepik.com

Salah satu strategi digital marketing yang banyak diterapkan adalah menciptakan buyer persona. Apa itu buyer persona? Bagi anda yang belum tahu istilah tersebut berikut ini merupakan pembahasannya.

Apa itu buyer persona?

Buyer persona bisa dikatakan sebagai karakter fiktif yang sengaja diciptakan oleh pelaku bisnis atau digital marketer yang memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik tersebut yang akan mewakili konsumen suatu produk. Buyer persona ini merupakan perwujudan dari siapa konsumen yang paling tepat yang menggunakan produk anda, bagaimana kepribadiannya, sifat-sifat apa saja yang mereka miliki, bahkan cara pikir mereka dalam mengambil sebuah keputusan.

Secara sederhana, bisa dikatakan jika buyer persona merupakan bayangan tentang siapa konsumen dari produk yang anda jual. Sebagai pemilik produk, tentu andalah yang paling mengerti detail produk sendiri. Sehingga mungkin anda sudah memiliki bayangan tentang siapa konsumen yang paling tepat untuk produk anda.

Jika memahami penjelasan di atas, rasanya cukup mudah untuk membuat sosok buyer persona. Akan tetapi, ada banyak hal yang perlu anda pikirkan dan pertimbangkan untuk menciptakan buyer persona. Anda perlu menggunakan imajinasi untuk mengkhayalkan dan menuliskannya.

Lalu, apa fungsi buyer persona dalam bisnis?

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh pebisnis jika mereka memiliki buyer persona. Hal ini karena, buyer persona merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam strategi marketing. Ada beberapa keuntungan diperoleh dari hal ini, antara lain:

  • Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap produk atau layanan jasa yang ditawarkan
  • Anda bisa memahami bagaimana para konsumen nanti mengambil keputusan, sehingga hal inilah yang akan menentukan target pemasaran dan membantu penjualan anda berjalan semakin baik
  • Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi kebutuhan dan konsumen sehingga hal ini akan membantu anda untuk mengembangkan sebuah produk baru yangs sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen nanti.
  • Mempermudah anda untuk membuat strategi pemasaran yang tepat
  • Strategi pemasaran anda akan berjalan lebih efektif dan efisien

Bagaimana membuat buyer persona untuk bisnis anda?

Menentukan buyer persona mungkin terdengar mudah, namun ternyata tidak juga. Bisa dibilang hal ini susah-susah gampang, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menentukan buyer persona. Simak di bawah ini.

1.      Personality

Anda harus mengetahui bagaimana personality dari buyer persona. Coba anda pikirkan beberapa pertanyaan ini,

“Siapa konsumen anda?”

“Bagaimana jenis kelaminya?”

“Berapa usianya?”

“Bagaimana tingkat pendidikannya?”

“Berapa pendapatannya setiap bulan?”

“Statusnya, lajang atau menikah?”

Tulislah jawaban dari pertanyaan tersebut

2.      Kebiasaan dan tingkah laku

Langkah selanjutnya anda bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait tingkah laku buyer persona.

“Apa hobinya?”

“Makanan dan minuman kesukaannya?”

“Media sosial yang digunakan”

“Kapan saatnya ia beraktivitas di media sosial?”

“Caranya mengetahui sebuah produk?”

“Apa informasi yang dicari di internet?”

“Bagaimana carany berbelanja? Dengan online atau offline”

Setelah anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas maka anda bisa memperoleh karakteristik calon konsumen. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, jika ada hal yang ingin ditanyakan atau meminta bantuan terkait Buyer Persona dapat menghubungi kami melalui website 57creative.id  atau 0812 2575 5277 (SMS/WA/Call).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *