Affiliate Marketing, Berminat Profesi Ini?

Affiliate Marketing, Berminat Profesi Ini?

Affiliate Marketing, Berminat Profesi Ini?

Saat ini teknologi semakin berkembang, ada banyak produk hardware dan software. Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak profesi-profesi baru yang kekinian. Sebut saja Vlogger/YouTuber, Selebgram, Social media spesialist, Apps/web developer, dan masih banyak lagi. Nah, salah satu pekerjaan atau model bisnis yang cukup populer adalah Affaliate Marketing.

Affiliate Marketing, Berminat Profesi Ini?

Sumber: Freepik.com

Bagi anda yang sedang belajar internet marketing mungkin sering mendengar istilah affliate marketing. Bila digambarkan jika model bisnis ini adalah anda yang menjual sebuah produk/layanan jasa milik orang lain. Atau anda sebagai jembatan antara orang yang membutuhkan produk (klien) dengan orang yang membuat (produsen). Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan affiliate marketing?

Sistem Affilate marketing sebenarnya sudah ada sejak dulu. Hanya saja namanya yang lebih modern, padahal bisnis itu sudah ada dan sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Affilate marketing hampir sama seperti makelar atau perantara. Yang membedakan affilate marketing bekerja secara online.

Bisnis ini bisa dibilang bisnis online yang minim modal, karena and atak perlu menyiapkan produk terlebih dahulu. Secara teknis anda akan menawarkan dan menjual produk milik orang lain, atas nama pemilik produk/jasa, selama proses pembayaran/transaksi terjadi anda akan memperoleh komisi. Namun untuk urusan pemasaran affiliate marketing yang bertanggung jawab.

Jika anda tertarik ada beberapa hal yaang perlu disiapkan untuk agar bisnis ini dapat berjalan lancar, antara lain:

  • Website/landing page
  • Akun di affiliate network
  • Akun Facebook ads
  • Akun Google Ads
  • Beberapa uang untuk biaya pasang iklan

Keuntungan dari model bisnis Affiliate Marketing

Sama seperti bisnis lainnya, affiliate marketing memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi anda yang tertarik dengan model bisnis ini berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh antara lain:

1.      Tidak membutuhkan biaya produksi

Semakin tingginya biaya untuk mengembangkan dan membuat produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Akan tetapi, dengan model bisnis affiliate marketing, anda tak perlu memikirkan bagaimana proses dan masalah-masalah produksi yang memakan biaya. Karena proses produksi dikerjakan oleh pihak lain.

2.      Modal yang minim

Dibanding membangun toko offline atau membeli produk-produk sebagai stok, ada baiknya anda memilih bisnis ini. Modal yang anda butuhkan cukup murah yakni kuota internet dan smartphone atau laptop sebagai perangkat operasional. Namun akan ada saatnya anda memerlukan uang untuk keperluan iklan.

3.      Tidak ada biaya atau lisensi

Seorang distributor di dunia nyata sering kali harus mengurus pembayaran lisensi, agar dapat memasarkan produk mereka di wilayah terterntu. Namun dengan bisnis affiliate anda bisa bergabung dan memasarkan produk pada area-area tertentu. Sehingga pasar semakin luas.

4.      Dapat menjual berbagai produk atau layanan jasa

Di era modern dan maju saat ini, tentu semua produk bisa dijual-belikan secara online. Ada banyak produk yang bisa jual mulai dari produk fisik hingga produk digital. Sebagai Affiliate Marketer anda bisa menjual apa saja.

5.      Anda bisa melakukannya sendiri

Membangun bisnis terkadang membutuhkan banyak tim atau karyawan. Memiliki karyawan tentu beban tersendiri bagi pebisnis, apalagi yang baru memulainya. Namun anda tak perlu khawatir, affiliate marketing bisa dikerjakan anda sendiri.

6.      Pasarnya yang luas

Ya adanya internet dapat menghubungkan kita dengan orang lain di penjuru dunia. Anda bisa mendatangkan pengunjung ke toko online anda dari berbagai belahan negara. Tentu ini sangat menguntungkan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *